Sukses

Food

9 Makanan Enak yang Bermanfaat Turunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Apa yang kita konsumsi sehari-hari, berperan besar pada kesehatan kita. Beberapa makanan dikenal sangat baik bagi kesehatan. Tapi, beberapa makanan lainnya justru dinilai sangat jahat dan cenderung memperburuk kesehatan. Beberapa makanan bisa meningkatkan kadar kolesterol, tekanan darah bahkan gula darah. Namun jangan khawatir, di balik berbagai makanan tak sehat penyebab kolesterol, ada beberapa makanan yang ternyata sangat ampuh turunkan kolesterol tinggi. 

Kolesterol tinggi sendiri merupakan salah satu faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke. Namun, mengontrol kolesterol tidak selalu berarti harus mengonsumsi makanan yang hambar dan tidak menarik. Berikut ini adalah beberapa makanan enak yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

 

Buah Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ini juga bisa meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Kamu bisa menambahkan alpukat dalam salad, sandwich, atau bahkan membuat guacamole yang lezat. Konsumsi buah ini secara rutin dengan porsi tepat, tak hanya bantu turunkan kolesterol tetapi juga bantu mentasbilkan kadar lemak serta gula darah dalam tubuh. 

 

Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, makarel, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3. Nutrisi ini membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL. Cobalah untuk mengonsumsi ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu. Selain menurunkan kadar kolesterol, ini juga membantu meningkatkan kecerdasan otak. Ini juga menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

 

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mete mengandung lemak baik, serat, dan antioksidan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Camilan ini bisa menjadi pilihan sehat dan lezat untuk menggantikan camilan yang kurang sehat.

 

Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang dikenal sebagai beta-glukan. Nutrisi ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Mulailah harimu dengan sarapan semangkuk oatmeal yang bisa ditambahkan dengan buah-buahan segar untuk rasa yang lebih nikmat. Makanan enak ini juga bisa sebagai menu diet sehari-hari. 

 

Minyak Zaitun

Minyak zaitun extra virgin kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal. Ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Gunakan minyak zaitun sebagai dressing salad atau untuk memasak makanan sehari-hari. Ganti minyak sayur dengan minyak zaitun agar makanan lebih sehat dan pastinya baik dalam menurunkan koelsterol tinggi. 

 

Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan antioksidan lainnya yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Mengonsumsi teh hijau secara rutin akan menjadi tambahan yang baik untuk diet sehari-harimu.

 

Buah Beri

Aneka buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan serat dan antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Tambahkan buah beri dalam yogurt, oatmeal, atau nikmati sebagai camilan segar. Buah beri juga kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk kulit. Konsumsi buah ini secara rutin tak hanya bikin sehat, tetapi juga cantik alami dari dalam tubuh. Ini juga biki awet muda. 

 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung lutein dan serat yang akan membantu menurunkan kolesterol. Sayuran ini bisa dimasak menjadi berbagai hidangan lezat atau dijadikan smoothie hijau yang menyegarkan. Pastikan untuk memasukkan sayuran hijau ke daftar makanan wajibmu sehari-hari. Baik sebagai menu sarapan, makan siang pun makan malam.  

Cokelat Hitam

Cokelat hitam yang mengandung setidaknya 70% kakao, kaya akan flavonoid. Nutrisi ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Nikmati cokelat hitam dalam jumlah moderat sebagai camilan sehat. Ini juga baik dalam menurunkan risiko diabetes pun masalah kesehatan lain yang berbahaya bagi tubuh. 

Itulah sekian makanan enak yang bermanfaat turunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Aneka makanan di atas juga memiliki nutrisi yang sangat mengesankan bagi tubuh secara keseluruhan. Meski begitu, konsumsi makanan di atas tak cukup ampuh turunkan kolesterol tinggi Sahabat Fimela. Kamu tetap harus memiliki pola hidup sehat, olahraga teratur, tidur cukup dan hindari stres dengan menghindarkan diri dari naiknya kolesterol. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading