Sukses

Food

5 Kesalahan Saat Memasak Nasi yang Ternyata Sering Kita Lakukan

Fimela.com, Jakarta Memasak nasi adalah aktivitas yang kerap dilakukan oleh hampir semua orang. Kita mungkin menganggap bahwa siapapun bisa memasak nasi dengan mudah. Namun jangan salah Sahabat Fimela, walau tampak mudah dan sederhana, memasak nasi tak sesederhana yang tampak. Ada beberapa hal yang sering dilakukan saat memasak nasi dan ternyata hal itu salah. 

Ada beberapa kesalahan umum saat memasak nasi yang bisa mempengaruhi hasil akhirnya. Kesalahan ini tak hanya bikin nutrisi nasi berkurang banyak, tapi juga kerap bikin nasi tak matang sempurna, memengaruhi rasa dan teksturnya. Apa saja kesalahan tersebut? Simak yang berikut. 

Tidak Mencuci Beras

Salah satu kesalahan umum yang sering terjadi adalah tidak mencuci beras sebelum dimasak. Mencuci beras akan membantu menghilangkan kelebihan pati yang bisa membuat nasi terlalu lengket atau berubah tekstur saat dimasak. Kalaupun kamu sudah mencuci beras, beberapa mungkin mencuci terlalu singkat atau sebaliknya yakni terlalu lama. Proses pencucian beras yang kurang tepat, berpengaruh besar terhadap kualitas, rasa dan tekstur nasi.

Penggunaan Air yang Tidak Tepat

Memasak nasi membutuhkan perbandingan air dan beras yang tepat. Jika air terlalu sedikit, nasi bisa terlalu keras atau tidak matang sepenuhnya. Di sisi lain, terlalu banyak air bisa membuat nasi menjadi bubur. Perbandingan standar memasak nasi adalah 1 : 2. Artinya adalah 1 bagian beras untuk 2 bagian air.

Tidak Mengontrol Suhu dengan Tepat

Suhu saat memasak nasi juga sangatlah penting. Suhu yang terlalu tinggi bisa membuat nasi hangus di bagian bawah panci, sedangkan suhu terlalu rendah bisa membuat nasi tidak matang sempurna.

Tidak Memberi Waktu Istirahat Setelah Nasi Masak

Setelah proses memasak selesai, penting untuk memberi waktu istirahat sejenak sebelum nasi disajikan. Buka tutup panci dan biarkan nasi istirahat selama 5-10 menit. Aduk-aduk juga nasi agar matang merata dan meminimalisir risiko nasi basi karena uap air yang terperangkap dalam nasi.

Memasak Nasi Terlalu Lama atau Terlalu Singkat

Memasak nasi terlalu lama bisa membuatnya menjadi lembek dan melekat di dasar panci. Sementara itu, memasak terlalu singkat bisa membuat nasi masih keras atau belum matang. Untuk menanak nasi umumnya membutuhkan waktu sekitar 15 - 20 menit agar matang sempurna dan benar-benar tanak. 

Memasak nasi yang sempurna membutuhkan perhatian terhadap detail-detail kecil. Hal ini karena memengaruhi hasil akhirnya. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum di atas dan mempraktikkan tips yang tepat, diharapkan kamu bisa memasak nasi yang lezat, lembut, dan tanak sempurna. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading