Sukses

Food

Pakai Satu Bahan, Ini Rahasia Bunga Pepaya Tidak Lagi Pahit

Fimela.com, Jakarta Bunga pepaya adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan sering digunakan dalam masakan di berbagai belahan dunia. Namun, pengolahan yang kurang tepat akan membuat bunga pepaya terasa sangat pahit dan lagi enak untuk dimakan. Bunga pepaya umumnya memiliki rasa pahit yang mengganggu jika tidak diproses dengan benar sebelum dimasak. Nah, salah satu cara tradisional yang efektif untuk menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya adalah menggunakan asam jawa. 

Hanya dengan asam jawa, kamu bisa dapatkan olahan bunga pepaya yang lezat dan minim rasa pahit di dalamnya. Seperti apa cara untuk dapatkan bunga pepaya yang tak lagi pahit? Simak yang berikut ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • Bunga pepaya segar sesuai selera
  • Air, secukupnnya
  • ½ sdm asam jawa (tamarind)

Langkah-langkah

Pilih Bunga Pepaya yang Segar

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memilih bunga pepaya yang segar. Selajutnya bersihkan dengan hati-hati di bawah air mengalir untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel.

Potong dan Bersihkan Bunga Pepaya

Potong bagian pangkal bunga pepaya dan buang bagian putih di tengahnya. Potong bunga pepaya menjadi bagian-bagian kecil atau sesuai kebutuhan resep yang akan dibbuat.

Rendam dengan Air Garam (Opsional)

Jika bunga pepaya sangat pahit, rendam potongan bunga pepaya dalam air garam selama sekitar 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih untuk menghilangkan garam. Kamu juga bisa meremas-remas bunga pepaya dengan garam untuk mengurangi kadar air di dalamnya dan mengurangi rasa pahitnya. 

Rebus bersama Asam Jawa

Setelah bunga pepaya direndam dan dibersihkan bersama garam, selanjutnya rebus bunga pepaya dengan asam jawa. Cukup merebusnya selama 5 sampai 7 menit untuk menghilangkan rasa pahit dan membuat bunga pepaya matang sempurna. Jika kamu malas merebus, kamu bisa merendam bunga pepaya dengan asam jawa di dalam air hangat kira-kira selama 30 menit. S

Cuci dan Bilas Kembali Sebelum Memasak

Cuci dan bilas kembali bunga pepaya yang telah direbus atau direndam dengan asam jawa. Sebaiknya cuci di bawah air mengalir untuk menghilangkan rasa pahit yang berlebihan di dalamnya. Tiriskan dan kemudian bunga pepaya bisa diolah dengan cara ditumis atau disajikan bersama sambal sesuai selera. 

Dengan menggunakan asam jawa untuk merendam bunga pepaya, kamu tidak hanya menghilangkan rasa pahitnya tetapi juga menambahkan sedikit keasaman yang menyegarkan pada rasa masakan akhir. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Semoga cara ini bermanfaat dan semoga bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading