Sukses

Food

3 Cara Mengukus Makanan Tanpa Panci Pengukus, Cocok untuk Anak Kost

Fimela.com, Jakarta Jika tak punya panci kukusan, bukan berarti kita tak bisa mengukus makanan di rumah, apalagi jika tujuannya untuk hidup sehat mengurangi makanan berminyak dan goreng-gorengan. Selama ini, kita menganggap bahwa satu-satunya alat yang perlu dimiliki jika ingin mengukus makanan adalah panci kukusan. Tapi sebenarnya kita tetap bisa mengukus makanan meski tak punya panci atau dandang kukusan. Jika ingin mengukus makanan tanpa panci kukus, ini dia beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Pakai wajan dan tatakan

Jika punya wajan dan tatakan stainless steel, maka selesai sudah. Kamu bisa mengukus sayur, ubi, singkong, ikan hingga kue jika kamu mau. Caranya, isi wajan dengan air secukupnya, lalu letakkan tatakan panci atau cooling rack bulat di atasnya. Nyalakan api, letakkan makanan di atas piring lalu letakkan piring di atas tatakan tersebut. Tutup wajan lalu kukus hingga matang. Air tidak akan menyentuh makanan karena terhalang oleh tatakan dan piring.

2. Panci dan klakat bambu

Jika punya panci untuk merebus air dan klakat bambu yang biasanya digunakan untuk wadah dimsum, maka kamu juga bisa dengan mudah mengukus makanan tanpa alat kukusan. Caranya, rebus air secukupnya di dalam panci, sebisa mungkin tidak menyentuh dasar klakat. Isi klakat bambu dengan makanan yang akan dikukus, tutup wadah klakat bambu lalu kukus makanan hingga matang.

3. Gunakan rice cooker

Jika punya rice cooker, biasanya akan dibekali saringan di atasnya. Ini juga berfungsi untuk mengkus makanan. Caranya, isi air secukupnya di panci rice cooker. Nyalakan tombol memasak, letakkan saringan di atas panci dan isi dengan makanan. Tutup dan tinggal beberapa menit untuk mengukus makanan. Simpel dan mudah digunakan.

Itu dia beberapa cara sederhana jika ingin mengukus makanan tapi tak punya panci kukusan atau lata pengukus sendiri di rumah. Bisa dicoba dan cocok untuk anak kost yang minim peralatan dapur. Semoga bermanfaat.

#Unlocking the Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading