Sukses

Food

5 Tips Memakai Panci Presto yang Aman Bagi Pemula agar Tidak Meledak

Fimela.com, Jakarta Panci presto merupakan salah satu peralatan dapur yang sering dibutuhkan saat ingin mengempukkan daging atau bahan makanan lain sehingga lebih praktis, hemat waktu dan hemat gas di rumah. Tapi tidak banyak orang familiar menggunakan panci presto, sebagian orang bahkan takut menggunakannya karena pengaruh video-video yang mungkin pernah ia lihat tentang kegagalan menggunakan panci presto. Padahal sebenarnya jika tahu cara menggunakannya, panci presto sangat aman digunakan dan mudah cara perawatannya.

Ini beberapa tips menggunakan panci presto bagi pemula agar tidak membahayakan penggunanya, terutama agar tidak meledak.

1. Jangan diisi penuh

Satu hal yang harus diperhatikan saat menggunakan panci presto agar aman adalah tidak mengisinya hingga penuh. Aturan umumnya adalah mengisi panci hingga maksimal setengah bagian saja. Karena uap panas perlu memiliki ruang untuk mematangkan makanan di dalamnya. Jika panci diisi penuh, maka tak ada lagi ruang bagi uap panas mengisi panci, padahal tekanan akan semakin bertambah seiring makanan dipanaskan. Jika ada banyak daging atau makanan yang perlu dipresto, bagi menjadi beberapa bagian, selama tidak mengisi penuh panci presto.

2. Jangan memaksa dibuka jika masih panas

Kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat menggunakan panci presto adalah buru-buru ingin membuka panci padahal masih panas. Inilah yang sering membuat panci presto meledak. Selama proses presto terjadi, panci berbunyi mengeluarkan uap panas dan selesai mematikan api kompor, jangan pernah mencoba membuka pintu panci presto. Selain susah dibuka, juga karena berbahaya karena tekanan uap panas di dalamnya. Tunggu hingga uang panasnya hilang atau panci dingin, tutup akan mudah dibuka sendiri. Harus sabar menunggu panci tidak lagi panas.

3. Pastikan airnya cukup

Sebelum menutup panci presto, pastikan mengisi dengan cukup air. Sebisa mungkin air merendam bahan makanan yang akan dipresto. Gunanya untuk mematangkan makanan dengan cepat sekaligus mencegah gosong karena kehabisan air di dalamnya. Gunakan api besar untuk mempercepat panci presto berbunyi, kemudian turunkan nyala api ke sedang agar tidak terlalu panas namun tetap bisa mengempukkan makanan di dalamnya.

4. Jangan menyentuh panci selama proses presto

Ketika masih terjadi proses pemasakan atau presto sedang berjalan, jangan pernah menyentuh bagian yang mengeluarkan uap di bagian tutup panci, maupun bagian badan panci karena sangat panas. Sebisa mungkin hindari mengotak-atik bagian panci selama proses presto terjadi. Satu hal pula yang harus dilakukan setelah menggunakan panci presto, pastikan membersihkan semua bagian, jangan sampai ada sisa makanan yang menyumbat jalan keluarnya uap maupun pemasangan bagian-bagian lain yang tidak tepat.

5. Pastikan membaca instruksi pemakaian

Satu hal yang penting tapi ternyata sering diabaikan banyak orang adalah membaca petunjuk penggunaan. Setingkali ketika membeli panci presto, kita akan dibekali kardus dan buku petunjuk. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk membaca petunjuk cara pemakaiannya. Di situ juga sering diberikan tips yang berguna untuk memasak bahan makanan tertentu, serta apa saja yang perlu dihindari sehingga panci presto tidak membahayakan saat dipakai.

Itu dia beberapa tips yang bisa diperhatikan bagi pemula jika pertama kali menggunakan panci presto. Pastikan menerapkan semua tips di atas agar aman menggunakan panci presto. 

#Unlocking the Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading