Sukses

Food

3 Cara Melipat Pastel agar Tidak Mudah Terbuka Saat Digoreng

Fimela.com, Jakarta Meskipun terlihat mudah, ternyata tidak semua orang bisa dengan mudah melipat pastel sehingga isiannya tidak terburai. Banyak yang mengeluh pastel terbuka ketika digoreng atau bahkan sebelum digoreng malah sudah terbuka di beberapa sisi. Seringkali dibutuhkan pengalaman yang lama sehingga bisa membuat pastel yang cantik dan isiannya tetap aman tanpa kulitnya terkelupas atau terbuka sebelum maupun selama digoreng. Tapi bukan berarti tak ada cara yang bisa dilakukan. Berikut ini tips cara melipat pastel agar kulitnya tidak mudah terbuka.

1. Pastikan adonan elastis

Ketika membuat adonan kulit, sebisa mungkin jangan terlalu padat dan keras karena hasilnya pasti akan kurang elastis sehingga susah dibentuk dan rawan sobek ketika dilipat. Jika adonan pastel kalis dan elastis, akan lebih mudah dibentuk dan menyesuaikan banyaknya isian. Sebisa mungkin jangan terlalu tipis juga saat menggilas adonan kulit sehingga tidak mudah sobek.

2. Cubit-cubit hingga menempel

Kunci dasar yang harus dilakukan agar pastel tidak terbuka adalah menutup bagian terluar pastel dengan teknik cubit. Caranya, lipat hingga kedua isi pinggiran bertemu lalu cubit-cubit keras hingga tertutup sempurna. Setelah itu, barulah dipilin atau dipelintir. Saat membentuk pelintiran ini, sebaiknya juga agak ditekan sehingga kulitnya tertutup rapat.

3. Jangan terkena minyak

Selama proses membentuk pastel, sebisa mungkin jangan terkena minyak. Karena adonan yang kalis dan elastis sekalipun, akan sulit lengket satu sama lain jika diolesi minyak. Jika ingin merekatkan kulit, gunakan sedikit air atau putih telur. Setelah selesai, baru bisa dioles minyak atau ditabur tepung jika tidak ingin saling menempel dengan pastel lainnya. Karena pastel yang saling menempel sebelum digoreng juga berisiko membuat kulitnya sobek.

Itu dia beberapa cara melipat pastel agar kulitnya tidak mudah terbuka. Semoga bermanfaat dan bisa membantu mempermudah membuat pastel di rumah.

#Unlocking the Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading