Sukses

Food

Modal 1 Bahan, Begini Cara Tanak Nasi Seperti di Rumah Makan Biar Wangi dan Pulen

Fimela.com, Jakarta Hampir semua orang di Indonesia umumnya mengonsumsi nasi, entah dimasak dengan menggunakan rice cooker, presto, atau panci.

Namun, terkadang nasi yang dimasak bisa menjadi terlalu berair dan lembek karena beberapa faktor. Hal ini berbeda sekali dengan nasi yang biasanya dihidangkan di restoran, yang memiliki aroma yang harum dan tekstur yang kenyal.

Namun demikian, nasi ala restoran dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah tanpa peralatan khusus. Seorang pengguna TikTok bernama @kulinerandalan membagikan trik khusus untuk menciptakan nasi dengan aroma dan tekstur seperti di restoran hanya dengan satu bahan. Informasi lebih lanjut tersedia pada hari Jumat, 28 Juni 2024.

Pilih Beras yang Pulen dan Berkualitas

Tahap pertama yang perlu dilakukan ialah mencari dan memilih beras berkualitas tinggi seperti rojolele, mentik, atau setra ramos. Beras ini biasanya dijual dengan harga sekitar 70-130 ribu per lima kilogram.

Tambahkan Jeruk Nipis

Untuk membuat nasi memiliki aroma seperti di restoran, tambahkan perasan jeruk nipis ke dalam air cucian beras. Satu buah jeruk nipis sudah cukup untuk memberikan harum yang khas.

Gunakan Cuka

Selain jeruk nipis, cuka juga dapat digunakan untuk menciptakan nasi ala restoran. Baik cuka beras maupun cuka apel dapat menjaga butir-butir beras agar tetap terpisah dan memberikan aroma yang segar. Pilih salah satu antara cuka atau jeruk nipis, tidak perlu menggunakan keduanya.

Gunakan Minyak untuk Nasi Goreng

Jika ingin membuat nasi goreng ala restoran, gunakan minyak goreng. Tambahkan satu atau dua sendok makan minyak goreng ke dalam air cucian beras yang akan digunakan untuk membuat nasi goreng. Takaran berasnya cukup satu ruas jari saja.

Beberapa Pertanyaan Warganet Mengenai Nasi Pulen dan Wangi

Apa yang Dimaksud dengan Nasi Pulen?

Nasi yang kenyal memiliki struktur yang lebih halus dan agak lengket, sementara nasi biasa memiliki tekstur yang agak kasar. Perbedaan ini disebabkan oleh variasi dalam kandungan amilosa dan struktur beras.

Bagaimana Cara Mengeraskan Nasi yang Lembek?

Penyimpanan dalam lemari pendingin pada suhu rendah dapat memperbaiki konsistensi nasi yang terlalu lembek. Jika nasi masih terlalu lembek setelah didinginkan, Anda dapat menghangatkannya lagi menggunakan microwave atau oven selama beberapa menit.

Berapa Takaran Air untuk Beras 3 Gelas?

Untuk setiap 3 mangkuk beras, dibutuhkan minimal 4,5 mangkuk air. Perlu diperhatikan bahwa tiap jenis beras memiliki kebutuhan air yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan takaran air yang digunakan sesuai agar nasi matang dengan sempurna tanpa menjadi terlalu kering.

Beras Pandan Wangi Merupakan Beras Apa?

Beras pandan wangi adalah varietas beras putih dengan aroma lebih harum dibandingkan jenis lain. Saat dimasak, beras ini mengeluarkan aroma khas daun pandan. Selain aromanya yang harum, beras pandan wangi juga memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang khas.

Beras Ramos Apakah Wangi?

Beras IR 64, juga dikenal sebagai beras setra ramos, memiliki butiran yang panjang namun tidak memiliki aroma seperti beras pandan wangi. Saat dimasak, teksturnya kenyal, memiliki rasa gurih, dan tidak lengket.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading