Sukses

Food

Pakai 2 Bumbu, Begini Cara Ulek Sambel Ijo Agar Wangi dan Tetap Berwarna Segar

Fimela.com, Jakarta Di antara berbagai jenis sambal khas Nusantara, sambal hijau merupakan salah satu yang paling enak dan kerap ditemui dalam hidangan seperti penyetan atau masakan Padang.

Namun, untuk menjaga sambal hijau tetap segar dan tidak pucat saat disajikan, pembuatannya tidak boleh asal-asalan.

Sambal hijau bisa kehilangan warnanya jika digoreng dengan cara yang salah. Oleh karena itu, ada metode khusus yang harus diikuti, seperti yang ditunjukkan oleh pengguna TikTok/@dapurvina. Berikut penjelasannya pada Jumat (28/06/2024).

Tambahkan Perasan Jeruk Nipis

Setelah cabai hijau direbus, tempatkan di cobek dan taburi garam sesuai selera. Kemudian, tambahkan perasan dari satu buah jeruk nipis.

Jeruk Nipis dapat Menyegarkan Cabai

Jeruk nipis tidak hanya memperkaya rasa, tetapi juga menyegarkan cabai. Selain itu, jeruk nipis berperan dalam mencerahkan warna cabai, dan asamnya memberikan sensasi segar.

Gunakan Kunyit

Selain jeruk nipis, seorang pengguna TikTok ini juga menambahkan sedikit kunyit ke dalam ulekan. Kunyit berfungsi untuk mempertahankan warna hijau cabai saat digoreng nanti. Setelah kunyit ditambahkan, cabai hijau bisa diulek hingga halus.

Goreng Cabai Hijau

Setelah diulek sampai halus, cabai hijau bisa langsung digoreng. Mengulek cabai hijau terlebih dahulu sebelum menggorengnya akan menjaga kesegaran sambal hijau.

Pastikan untuk menggunakan minyak goreng baru dan sudah panas saat menggoreng cabai. Menggunakan minyak bekas hanya akan membuat sambal hijau menjadi kehitaman.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Sambal Hijau

Apa Itu Sambal Hijau?

Sambal ijo menggabungkan cabai hijau dan tomat hijau sebagai bahan utama, menciptakan rasa yang unik. Penambahan daun jeruk atau air jeruk nipis memberikan kekayaan rasa pada sambal ijo Padang, dengan perpaduan pedas dan kesegaran yang menyenangkan.

Apa Manfaat Cabai Hijau Bagi Kesehatan?

Cabai hijau kaya akan zat besi yang bermanfaat bagi penderita anemia. Kandungan vitamin C dalam cabai hijau juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C, atau asam askorbat, membantu mengikat zat besi non-heme dan mengubahnya menjadi bentuk yang lebih mudah diserap.

Apa Rasa Cabai hijau?

Cabai ini berukuran kecil dan berwarna hijau tua. Tingkat kepedasannya lebih rendah dibandingkan cabai rawit merah. Ketika dimasak, cabai rawit hijau akan berubah warna menjadi cokelat. Cabai jenis ini sering digunakan untuk menambah cita rasa pada gorengan atau sebagai bahan dalam acar.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sambal Hijau?

Wanita hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan mentah, seperti lalapan atau sambal.

Apa Efek Makan Cabai Setiap Hari?

Konsumsi makanan pedas yang berlebihan dapat membuat lambung lebih rentan terhadap luka atau kerusakan. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena maag akut atau gastritis akibat peradangan pada lapisan lambung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading