Sukses

Food

Hanya Perlu Tambahan 1 Bahan Dapur, Begini Trik Sederhana Masak Daging Agar Tidak Alot

Fimela.com, Jakarta Selain kaya nutrisi dan lezat, mengolah daging merah seringkali menjadi tantangan tersendiri. Daging sapi dan kambing, misalnya, memiliki serat yang lebih tebal dibandingkan daging ayam dan ikan. Hal ini menyebabkan daging sulit menjadi empuk saat dimasak.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi. Kini, banyak trik di internet tentang cara mengolah daging agar tidak keras dan tetap lezat. Salah satunya adalah trik dari warganet Instagram, @savira_malik.

Selain trik melembutkan daging, warganet tersebut juga berbagi cara memasak yang sederhana namun tetap enak dan menggugah selera. Berikut penjelasan lengkapnya yang dirangkum pada Rabu (26/6/2024).

Gunakan Soda Kue

Langkah pertama, sebelum memasak, marinasi daging dengan soda kue. Untuk melakukannya, siapkan 350 gram daging sapi dan iris tipis. Setelah itu, taburi daging dengan soda kue secara merata dan biarkan selama satu jam.

Siapkan Bumbu Tumis

Sembari menunggu daging yang sedang dimarinasi, siapkan bumbu untuk mengolahnya, sebagai berikut:

  • 6 siung bawang merah iris
  • 3 siung bawang putih iris
  • 2 batang serai iris
  • 10 lembar daun jeruk iris tipis-tipis
  • 5 buah cabai rawit iris

Tumis Bumbu

Selanjutnya, panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu yang telah diiris hingga mengeluarkan aroma harum.

Masukkan Daging

Setelah bumbu mengeluarkan aroma harum, masukkan potongan daging yang sudah direndam dalam bumbu selama satu jam sebelumnya. Tumis hingga daging matang sepenuhnya dan warnanya berubah.

Bumbui dan Sajikan

Akhirnya, ketika daging sudah hampir matang, tambahkan garam, lada, penyedap, dan saus tiram sebagai bumbu. Aduk terus hingga warna daging merata, lalu beri perasan jeruk nipis. Daging tumis yang empuk dan lezat pun siap disajikan. Selamat mencoba!

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Memasak Daging

Dikasih Apa Daging Sapi Biar Empuk?

Enzim papain yang terdapat dalam daun pepaya mampu mengurai kolagen yang ada pada daging sapi, sehingga serat otot menjadi lebih jarang. Dampaknya adalah daging menjadi lebih empuk dan lembut dalam tekstur.

Apakah Garam Membuat Daging Cepat Empuk?

Garam memiliki kemampuan untuk mengurai protein yang terdapat dalam daging, sehingga mengakibatkan teksturnya menjadi lebih lunak. Ini membuat daging lebih mudah dimasak setelah protein-protein tersebut terurai.

Apa yang Membuat Daging Alot?

Banyak individu merasa bahwa daging sapi irisannya dapat terasa keras ketika dimakan. Ternyata, kondisi ini mungkin disebabkan oleh proses memasak daging yang berlangsung terlalu lama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading