Sukses

Food

Tidak Busuk dan Tahan hingga 5 Minggu, Begini Trik Simpan Telur Tanpa Masuk Kulkas

Fimela.com, Jakarta Telur, sebagai sumber protein hewani, sering dipilih sebagai pilihan menu sehari-hari. Selain dapat dimasak menjadi berbagai hidangan lezat, telur juga mudah ditemukan di berbagai tempat seperti warung eceran, pasar, dan supermarket.

Karena itulah, tak mengherankan jika banyak orang sering memiliki stok telur yang cukup di rumah. Sayangnya, jika tidak disimpan dengan tepat, telur dapat cepat membusuk.

Untuk mengatasi masalah ini, akun Instagram @siti_setyowati_ telah membagikan tipsnya tentang cara menyimpan telur tanpa menggunakan kulkas. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi lengkapnya yang telah disampaikan pada Rabu (26/6/2024) berikut ini.

Siapkan Bahan dan Alat

Siapkan dulu bahan serta peralatan yang dibutuhkan, meliputi:

  • Kain 
  • Tisu
  • Minyak goreng
  • Wadah/food container 

Pisahkan Telur

Pertama-tama, sortir telur berdasarkan kondisinya. Pisahkan telur yang masih baik dari telur yang telah retak. Telur yang retak akan digunakan terlebih dahulu.

Bersihkan Telur

Untuk langkah selanjutnya, basahi kain hingga agak lembab, lalu gunakan untuk menyeka telur yang masih utuh dan tidak pecah. Setelah itu, keringkan telur dengan menggunakan tisu atau kain yang kering.

Gunakan Minyak Goreng

Langkah ketiga, ambil telur yang telah dibersihkan sebelumnya dan baluri dengan sedikit minyak goreng. @siti_setyowati_ menjelaskan dalam video bahwa minyak digunakan untuk menjaga kualitas telur selama disimpan.

Masukkan Telur ke Wadah Kering

Telur yang telah dilapisi dengan minyak sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara atau kontainer makanan. Dengan cara ini, telur dapat bertahan hingga 5 minggu pada suhu ruangan dan hingga 15 minggu jika disimpan di dalam lemari es. Semoga berhasil!

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Menyimpan Telur

Kenapa Telur Tidak Boleh Dibekukan?

Telur sebaiknya tidak dibekukan dalam kondisi utuh bersama cangkangnya. Namun, jika sudah dipecahkan, telur bisa disimpan dengan aman di dalam freezer hingga enam bulan. Suhu dingin dapat memengaruhi protein pada kuning telur, mengakibatkan teksturnya menjadi lengket saat dicairkan. Masalah ini bisa diatasi dengan menambahkan gula atau garam.

Bagaimana Ciri-ciri Telur yang Baik?

Langkah pertama dalam memilih telur adalah dengan memeriksa kondisi cangkangnya. Telur yang bagus biasanya memiliki cangkang yang berwarna cerah dan kokoh. Sebaiknya hindari telur yang cangkangnya tampak pucat atau banyak bintik. Perlu diketahui, warna cangkang bisa mempengaruhi kualitas telur.

Telur Kuningnya Pecah Pertanda Apa?

Jika kuning telur agak pecah dan bercampur dengan putih telur, itu menunjukkan telur tersebut sudah disimpan beberapa hari, namun tetap aman untuk dikonsumsi. Namun, apabila kuning telur terlihat datar dan sebagian besar menyatu dengan putih telur, maka telur tersebut sudah tidak layak dimakan.

Telur yang Encer Apakah Boleh Dimakan?

Putih telur yang agak keruh, tidak melebar banyak, padat, serta lengket menandakan telur tersebut masih segar dan aman dikonsumsi. Sebaliknya, jika putih telur tampak encer dan transparan, itu berarti telur tersebut tidak lagi segar dan sebaiknya tidak dimakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading