Sukses

Food

Bukan Dicampur Garam Dulu, Begini Cara Masak Kikil Sapi Agar Lembut dan Tidak Berlendir

Fimela.com, Jakarta Dengan tekstur yang kenyal dan gurih, banyak orang menyukai kikil sapi untuk diolah menjadi berbagai hidangan seperti gulai, sop, dan tumisan.

Namun, sebelum dimasak, kikil sapi harus dibersihkan dari lendirnya terlebih dahulu. Untuk mengatasi masalah ini, cara yang umum dilakukan adalah dengan merendam kikil sapi dengan garam untuk menghilangkan lendir sebelum direbus.

Terdapat juga teknik lain yang efektif untuk mengatasi lendir pada kikil sapi. Teknik ini dibagikan oleh Rayyan Al Ghazali melalui kanal YouTube-nya, yang dijamin akan membuat kikil sapi benar-benar empuk. Berikut adalah langkah-langkahnya yang diuraikan pada Rabu (26/06/2024).

Rebus Kikil

Panaskan air sampai mencapai titik didih. Selanjutnya, rebus dadu-dadu kikil sapi yang besar. Beri sedikit garam, jahe geprek, dan perasan jus dari dua jeruk nipis. Aduk rata, kemudian rebus tutup selama sepuluh menit.

Cuci Bersih Kikil

Setelah itu, matikan api dan tiriskan kikil sapi. Bilas dengan air mengalir hingga bersih. Pastikan meremas kikil untuk memperoleh tekstur yang lebih padat.

Siapkan Bumbu Kikil

Potong halus bumbu untuk kikil, termasuk:

  •  3 siung bawang putih,
  •  2 batang daun bawang,
  •  Seledri,
  •  1 buah tomat merah.

Bumbu ini sudah cukup untuk membuat kuah kikil yang lezat. Untuk aroma yang lebih kuat, tambahkan serai, kayu manis, daun jeruk, jahe, dan cengkih secukupnya.

Masak Kikil Sapi

Tumis sebentar iris bawang putih, lalu tambahkan 450 ml air dan rempah-rempah. Untuk meningkatkan rasa, tambahkan satu sendok teh garam dan penyedap rasa, satu sendok teh gula, serta setengah sendok teh lada bubuk. Aduk kuah kikil hingga mendidih, kemudian masukkan kikil sapi. Masak selama empat menit.

Masukkan Bumbu Kikil

Setelah empat menit, angkat rempah-rempah untuk memastikan bumbu-bumbu sudah tercampur rata dengan kuah. Masukkan sisa bumbu ke dalam kuah, aduk hingga mendidih lagi, sambil sesekali memeriksa rasanya. Jika sudah pas sesuai selera, matikan kompor dan sop kikil siap disajikan.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kikil Sapi

Apakah Sop Kikil Mengandung Kolesterol?

Jika dianalisis lebih dalam, kandungan kolesterol dalam kikil mencapai 67 mg per porsi, setara dengan satu mangkuk.

Berapa Lama Biasanya Masak Kikil Biar Empuk?

Namun, untuk melunakkan kikil agar empuk dan kenyal tidaklah mudah seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, banyak yang memilih memasak kikil sapi dengan panci presto untuk mencapai tekstur yang diinginkan, meski memakan waktu cukup lama, sekitar 1-3 jam.

Apa Bedanya Cecek dan Kikil?

Di Surabaya, kulit sapi atau kambing dikenal dengan nama cecek, berbentuk lembaran potongan kulit. Kikil sendiri adalah bagian kulit kaki sapi atau kambing, tebal dengan tulangnya, biasanya dimasak dengan lontong.

Apakah Kikil Mengandung Kolesterol Tinggi?

Kulit ayam, sapi, atau kikil memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dagingnya. Mengonsumsi kulit ini dapat meningkatkan kadar kolesterol secara signifikan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi kulit saat menyantap ayam.

Kikil Sapi Dapat Menyebabkan Penyakit Apa?

Karena kandungan kolesterol jahat dalam kikil sapi, kikil dianggap meningkatkan risiko kolesterol. Untuk itu, disarankan untuk membatasi konsumsi kikil agar tidak menimbulkan gejala hiperkolesterolemia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading