Sukses

Food

Tambah Garing, Begini Trik Goreng Telur Dadar Kribo Tanpa Menambah Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Selain daging ayam dan ikan, telur juga menjadi salah satu sumber protein yang ekonomis. Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat tahun 2018, telur mengandung protein sebesar 6,3 gram yang tersebar di putih dan kuningnya.

Di Indonesia, terdapat beragam olahan telur yang menggugah selera, salah satunya adalah telur dadar keriting. Walaupun proses membuatnya cukup sederhana dan banyak ditemui di warung makan, masih banyak yang belum berhasil membuat telur dadar keriting yang garing.

Namun, jangan khawatir. Salah satu pengguna YouTube, Uli's Kitchen, memiliki trik khusus untuk membuat telur dadar keriting yang lebih renyah tanpa mengurangi kandungan proteinnya. Simak informasi lengkapnya pada Rabu (26/06/2024).

Iris Kecil-kecil Bumbu Dapur

Pertama-tama, siapkan dan potong kecil-kecil bumbu dapur berikut di atas talenan:

● 3 siung bawang putih

● 3 siung bawang merah

● 2 buah cabai merah besar

● 5 buah cabai rawit merah

● 1 batang daun bawang

Kocok Telur dengan Bumbu Dapur

Ambil mangkuk yang cukup besar, kemudian pecahkan lima butir telur ke dalamnya. Tambahkan 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh kaldu jamur, dan 1/4 sendok teh merica bubuk untuk memberikan rasa.

Kocok telur hingga rata, kemudian masukkan bumbu yang sudah diiris tadi serta 2 sendok makan tepung terigu. Aduk hingga telur benar-benar cair dan tercampur sempurna.

Goreng Telur

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang hingga benar-benar panas, lalu tuangkan satu sendok adonan telur dadar.

Jika salah satu sisi telur sudah kecokelatan, balikkan telur untuk mematangkan sisi lainnya. Tunggu hingga kedua sisi kecokelatan sempurna, kemudian angkat dan tiriskan. Ulangi langkah ini sampai semua adonan telur habis.

 

Dadar Keriting Jadi Tambah Krispi dan Tidak Hilang Protein

Setelah semuanya digoreng, telur dadar keriting akan semakin renyah dan siap disajikan dengan nasi hangat. Rahasia agar telur dadar menjadi lebih renyah adalah minyak yang digunakan untuk menggoreng harus sangat panas, tetapi tetap gunakan api sedang.

Selain itu, protein dan nutrisi dalam telur tetap terjaga. Menurut Healthline, telur yang digoreng secara deep fried tidak kehilangan nutrisi secara signifikan. Bahkan, menurut Mayo Clinic, telur yang digoreng tidak mengalami peningkatan kolesterol..

 

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Telur Dadar

Mengapa Disebut Telur Dadar?

Awal mula istilah 'dadar' diduga berasal dari kata 'melebar' atau 'memperlebar'. Ini menggambarkan telur yang sudah dikocok sebelum digoreng hingga melebar.

Apa Beda Omelet dan Telur Dadar?

Telur dadar dan omelet pada dasarnya memiliki sedikit perbedaan, yaitu tekstur omelet yang lebih halus dan lembut dibanding telur dadar.

Telur Dadar Setengah Matang Namanya Apa?

Telur sunny side up merupakan telur yang digoreng tanpa dibalik, sehingga kuning telurnya tetap setengah matang. Menu ini populer sebagai sarapan karena mudah disajikan dan kaya akan gizi.

Bolehkah Memanaskan Telur Dadar?

Seperti ayam, telur juga sebaiknya tidak dipanaskan ulang. Pemanasan berulang dengan suhu tinggi bisa merusak proteinnya dan berpotensi menjadi beracun, yang dapat menimbulkan masalah pencernaan.

Apa Telur Dadar Bagus untuk Diet?

Telur dadar adalah salah satu hidangan sarapan yang sangat diminati. Selain rasanya yang enak, telur dadar juga cocok untuk program diet dengan mengandung 78 kalori dan nutrisi penting lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading