Sukses

Food

3 Cara Masak Ikan agar Bumbu Meresap Gurih Merata Tidak Hambar

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak ikan yang akan digoreng, seringkali banyak orang mengeluhkan bumbu yang tidak meresap sehingga ikan kurang terasa gurih dan kurang bisa dinikmati secara maksimal. Padahal sebenarnya kunci agar bumbu meresap ke dalam daging ikancukup mudah dan sederhana. Ikuti tiga cara masak ikan agar bumbu meresap dan terasa gurih berikut ini agar ikan tak lagi hambar.

1. Tidak pelit bumbu

Salah satu kunci agar bumbu cepat meresap ke dalam ikan yang dimarinasi atau direndam bumbu adalah tidak pelit bumbu. Pastikan bumbu yang disiapkan cukup untuk membaluri semua bagian ikan, jika perlu porsinya lebih banyak. Pastikan juga bumbu diulek halus atau dihaluskan, tidak hanya digeprek atau dicincang, karena bumbu terasa lebih meresap ke dalam ikan jika dihaluskan.

2. Direndam bumbu

Cara sederhana tapi penting yang bisa dilakukan agar bumbu meresap pada ikan adalah dengan merendamnya. Jika bumbu hanya dibalur kemudian ikan langsung digoreng, jelas bumbu akan kurang meresap. Jadi, diamkan ikan direndam bumbu selama paling tidak 15 menit atau lebih, agar daging ikan bagian dalam juga terbumbui dengan baik dan gurih merata. Untuk menjaga agar ikan tetap segar selama perendaman bumbu, boleh masukkan ke dalam kulkas.

3. Diungkep

Cara lain yang bisa dicoba agar bumbu lebih meresap ke dalam ikan adalah mengungkep ikan dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Tak perlu diungkep terlalu lama seperti memasak daging, cukup selama 5-10 menit hingga daging ikan matang. Kemudian matikan api, ikan bisa tinggal disantap atau digoreng hingga kering.

Itu dia beberapa cara masak ikan agar bumbu cepat meresap.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading