Sukses

Food

Punya Jamur Enoki di Rumah, Enaknya Dimasak Apa Ya? Ini Dia Rekomendasinya

Fimela.com, Jakarta Jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur yang begitu populer di berbagai masakan Asia. Bentuknya yang ramping dan panjang serta teksturnya yang kenyal membuat jamur ini sangat fleksibel untuk diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Mau itu digoreng, di masak bumbu rempah, hingga dipanggang bersama dengan bahan masakan lainnya pun juga cocok.

Nah, jika kamu memiliki jamur enoki di rumah dan bingung ingin memasaknya menjadi apa, berikut beberapa rekomendasi hidangan lezat yang bisa dicoba. Selain gampang, berbagai masakan ini juga mampu menawarkan cita rasa yang memuaskan lidah dan perutmu. Apa saja, ya?

Jamur Enoki Krispi

Bagi kamu yang menyukai makanan dengan tekstur garing, mungkin resep yang satu ini bisa banget dicoba. Yup, jamur enoki krispi merupakan hidangan simpel dan cocok dijadikan teman pendamping nasi atau sebagai camilan. Intip resepnya, yuk.

Bahan-bahan:

2 bungkus jamur enoki

14 sdm tepung terigu

6 sdm tepung beras

2 sdt garam

1 sdt kaldu bubuk

½ sdt ketumbar bubuk

Air secukupnya

Cara membuat:

1. Potong bagian bawah jamur dan kemudian cuci bersih. Setelahnya, bagi jamur menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

2. Keringkan jamur menggunakan tisu makanan. 

3. Buat adonan kering dengan mencampurkan 7 sdm tepung terigu, 3 sdm tepung beras, dan garam. Untuk adonan basah bisa dilakukan dengan mencampurkan 7 sdm tepung terigu, 3 sdm tepung beras, kaldu bubuk, ketumbar bubuk, dan air secukupnya. Lalu, aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

4. Lumuri jamur enoki dengan adonan basah, kemudian ke adonan kering. Pastikan lumuran tepung sudah merata melapisi jamur enoki. 

5. Goreng jamur enoki dengan minyak panas dan gunakan api sedang cenderung besar. Goreng hingga keemasan, kemudian angkat dan tiriskan. Jamur enoki krispi siap disajikan.

 

Enoki Beef Roll dengan Saus Gochujang

Si penyuka makanan Korea wajib banget mencoba resep berikut ini. Ya, enoki beef roll dengan saus gochujang ala Korea yang punya rasa pedas gurih dan super nagih bisa jadi teman bersantap yang tepat di atas meja makan. Cara bikinnya pun gampang dan sat set banget. Mau tahu?

Bahan-bahan:

2 bungkus jamur enoki

100 gram slice beef

5 siung bawang putih

3 sdm saus gochujang

Cabai bubuk secukupnya (sesuaikan dengan selera)

2 sdm saus tiram

2 sdm minyak wijen

2 sdm kecap asin

2 sdt lada hitam bubuk

Satu batang daun bawang

3 sdm mentega

Air secukupnya

Cara membuat:

1. Potong ujung bawah jamur enoki dan bersihkan. Kemudian, bagi jamur enoki menjadi bagian-bagian kecil.

2. Bagi dua slice beef dan gulungkan ke jamur enoki. Sisihkan ke tempat bersih.

3. Rajang bawang putih hingga kecil dan tumis menggunakan mentega. Jika sudah keemasan, tambahkan air secukupnya dan masukkan semua bumbu serta saus.

4. Masukkan enoki beef roll ke dalam ke dalamnya. Jangan lupa dibolak balik. Masak hingga matang dan sajikan dengan irisan daun bawang di atasnya.

Sup Jamur Enoki

Resep jamur enoki berikutnya adalah sup jamur enoki. Hidangan satu ini paling nikmat disantap saat hujan-hujan atau suhu sedang dingin-dinginnya. Selain sehat, makanan ini juga memiliki rasa ringan di mulut dan pastinya bisa menghangatkan tenggorokan serta mulut. Bagi yang mau mencobanya, ini dia resepnya.

Bahan-bahan:

1 bungkus jamur enoki

1 bungkus egg tofu

2 bonggol pakcoy

5 butir bakso sapi, potong jadi 4 bagian

4 buah cabai rawit (sesuaikan dengan selera), iris kecil-kecil

1 butir telur ayam dan air secukupnya, kocok lepas

6 siung bawang putih, cincang halus

2 sdm kecap asin

3 sdm kecap manis 

1 sdm saus tiram

2 sdt kaldu jamur

½ sdt merica bubuk

500 ml air mineral

1 batang daun bawang dan seledri, iris kecil-kecil.

2 sdm minyak goreng

Cara membuat:

1. Potong ujung bawah jamur enoki dan pakcoy, lalu cuci bersih. 

2. Panaskan minyak dengan api sedang, kemudian tumis cabai rawit dan bawang putih hingga keemasan.

3. Tambahkan air mineral ke dalamnya. masukkan kecap asin, kecap manis, saus tiram, kaldu jamur, dan merica bubuk. Aduk rata dan masak hingga aromanya keluar.

4. Masukkan pakcoy, jamur enoki, egg tofu, dan bakso ke dalamnya. Tunggu hingga agak mendidih.

5. Tuangkan kocokan telur ayam ke dalamnya, dan aduk perlahan. 

6. Jika sudah matang, sajikan di dalam mangkuk dan beri taburan daun bawang dan seledri.

Nah, itu tadi sejumlah resep jamur enoki enak dan praktis yang bisa kamu coba. Kabar baiknya, mendapatkan semua bahan makanan kini bisa dilakukan dengan mudah melalui e-commerce. Ya, hadirnya e-commerce ini tentu dapat menjadi solusi tepat bagi kamu yang nggak ingin repot atau nggak punya waktu untuk berbelanja langsung di tempat perbelanjaan. 

Menariknya lagi, belanja di e-commerce ternyata bisa sangat menguntungkan, lho. Sebab, platform belanja online ini terkadang menawarkan berbagai macam promo menarik seperti, potongan harga, voucher gratis ongkir, cashback, dan lainnya. Yakin, nggak tertarik belanja di sini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading