Sukses

Food

3 Cara Membuat Bihun Goreng Anti Lembek dan Tidak Hancur

Fimela.com, Jakarta Memasak bihun sebenarnya sangat mudah, namun ternyata masih banyak orang yang salah memasak hihun sehingga teksturnya terlalu lembek hingga rentan hancur. Sebenarnya itu terjadi karena beberapa kesalahan kecil. Nah, untuk menghindari masak bihun goreng yang lembek, lunak dan bahkan berisiko hancur, berikut ini beberapa cara membuat bihun anti lembek dan hancur yang bisa diterapkan.

1. Rendam dalam air panas

Bihun yang akan digoreng atau ditumis bersama bumbu-bumbu sebaiknya direndam saja di dalam air panas. Bihun tidak perlu direbus karena rentan terlalu lunak setelah ditiriskan. Bihun yang direndam dengan air panas akan perlahan mengembang dan melunak sehingga siap digoreng dengan bumbu. Tapi proses ini butuh waktu lama. Ketika diaduk dengan bumbu goreng, bihun tidak akan lembek atau pun rentan hancur.

2. Jangan terlalu lama direbus

Salah satu kelebihan merendam bihun dengan air panas adalah tidak gampang hancur ketikda digoreng, tapi kelemahannya adalah terlalu kama menunggu bihun hingga benar-benar mengembang dan cukup empuk untuk diolah jadi menu yang diinginkan. Karena itulah banyak orang lebih memilih merebus bihun kering. Jika ingin merebus bihun karena ingin hemat waktu, sebaiknya jangan terlalu lama merebusnya. Begitu mendidih selama 2 menit, matikan api. Biarkan bihun mengembang sendiri.

3. Jangan mengaduk terlalu lama

Jika sudah direndam atau direbus, bihun yang sudah mengembang sebaiknya langsung ditiriskan dari air rebusan dan rendamannya. Jangan biarkan terlalu lama berada di dalam air, karena semakin lama menyerap air, semakin rentan hancur ketika digoreng. Saat proses menggoreng bihun pun, sebaiknya jangan terlalu lama diaduk karena bihun akan semakin matang dan lunak.

Itu dia beberapa cara membuat bihun goreng anti lembek dan tidak hancur yang bisa diterapkan di rumah. Silakan mencoba dan semoga bermanfaat.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading