Sukses

Food

3 Cara Menyimpan Bawang Putih agar Tidak Busuk dan Hitam Berjamur

Fimela.com, Jakarta Ketika belanja ke pasar, mungkin banyak orang lebih memilih membeli bahan dapur untuk persediaan di rumah dan disimpan jangka waktu lama. Salah satunya adalah bawang putih. Bumbu dapur ini menjadi salah satu bumbu yang paling sering digunakan dalam berbagai masakan sehingga tidak mengherankan jika sekali beli, bisa langsung banyak agar dapat disimpan di rumah. Tapi sayangnya, bawang putih tidak selalu mudah disimpan dalam waktu lama karena risiko mengering, busuk atau muncul jamur kehitaman.

Tentunya ini tak menyenangkan, tapi bisa dihindari. Ada beberapa cara menyimpan bawang putih agar tidak hitam dan berjamur.

1. Gantung di dalam tas jaring-jaring

Hindari menyimpan bawang putih di tempat yang lembab, panas, atau terkena sinar matahari langsung. Tempat yang ideal untuk menyimpan bawang putih adalah di area yang kering dan sejuk seperti di wadah besek atau tas jaring-jaring. Tidak banyak yang tahu bahwa bawang putih juga "bernapas". Jika disimpan di dalam lemari dapur, laci, atau wadah tertutup tanpa lubang ventilasi, ia akan mengeluarkan uap sehingga basah dan lembab. Jadi lebih baik masukkan bawang putih ke dalam tas jaring-jaring lalu gantung di dinding.

2. Jangan pernah cuci bawang putih

Tak perlu mencuci bawang putih karena mencuci bawang putih sebelum disimpan, dapat membuatnya basah dan lebih mudah busuk. Justru sebaiknya sebelum disimpan, angin-anginkan bawang putih di atas tampah lalu tempatkan di bawah sinar matahari selama paling tidak satu jam untuk mengurangi kelembapan pada bawang putih. Jika ingin membersihkan bawang putih, cukup sikat secukupnya dengan sikat kering, lalu masukkan ke dalam besek atau jas jaring.

3. Pisahkan bawang putih yang sudah berkecambah

Bawang putih yang sudah berkecambah akan cepat busuk dan dapat menularkan jamur ke bawang putih lainnya. Inilah yang menyebabkan bawang cepat busuk dan berjamur. Sebelum disimpan, pilah dahulu mana bawang yang masih bagus dan mana yang tidak. Sebisa mungkin, pemilihan bawang ini sudah dilakukan saat beli di pasar. Jangan asal membeli bawang putih yang sudah dikemas dalam satu plastik karena tidak bisa memilih mana bawang yang ingin dibeli. Jika menemukan yang berjamur, segera gunakan dahulu untuk memasak, buang yang berjamur saja.

Itu dia beberapa cara sederhanan menyimpan bawang putih agar tidak hitam berjamur. Semoga bermanfaat, silakan dicoba.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading