Sukses

Food

5 Cara Memeriksa Apakah Telur Masih Segar atau Sudah Busuk

Fimela.com, Jakarta Telur merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk memasak. Entah hanya langsung diolah atau dicampurkan ke dalam suatu masakan. Telur bisa menjadi teman makan yang mudah dan praktis untuk dibuat.

Tapi tahukah Sahabat Fimela juga perlu mengetahui ciri-ciri telur yang masih segar dan yang sudah membusuk. Karena terkadang tidak terlihat dari luarnya. Dilansir dari laman southernliving.com, berikut adalah 5 cara memeriksa apakah telur masih segar atau sudah busuk:

1. Letakkan Telur di Segelas Air

Cara untuk memeriksanya dnegan metode ini cukup mudah. Cukup sediakan gelas yang terisi air. Kemudian masukkan telur ke dalamnya. Jika telur tenggelam ke dasar dan tergeletak miring, maka telur masih dalam keadaan yang baik. Namun, jika telur mengambang atau tenggelam, tapi berdiri di salah satu ujungnya berdiri, maka telur itu sudah tidak segar lagi atau busuk.

2. Kocok Telur

Dekatkan telur di telinga. Lalu kocok perlahan. Jika terdengar bunyi seperti cairan, maka besar kemungkinan telur tersebut sudah membusuk dalamnya. Suara ini biasanya berasal dari telur kuning yang telah tua dan berubah menjadi encer. Namun, jika sebaliknya, maka telur dalam keadaan yang baik.

3. Cium Bau Telur

Telur yang busuk akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sebelum menggunakannya, bisa cium terlebih dahulu telur dari luar. Apakah telur tersebut masih beraroma wajar atau sudah mengeluarkan bau tidak sedap.

4. Periksa Cangkangnya

Telur yang sudah membusuk juga bisa dilihat dari cangkangnya. Jika ada retakan di bagian luar dan mengeluarkan lendir, maka bisa jadi telur tersebut sudah terkontaminasi oleh bakteri atau jamur. Jika saat dipecahkan sekiranya masih aman, segera gunakan telur dan jangan dibiarkan terlalu lama lagi.

5. Pecahkan Telur

Cara ini adalah opsi terakhir untuk memeriksa telur masih dalam keadaan yang baik atau sudah membusuk. Lihat putih dan kuning telurnya. Jika telur telah berwarna kemerahan, kehijauan, atau warna yang tidak wajar lainnya, bisa jadi telur tersebut sudah membusuk. Kemudian jika terdapat bintik hijau atau hitam, ini menandakan telur telah terkontaminasi jamur atau bakteri.

Nah, itu tadi adalah cara untuk memeriksa apakah telur masih segar atau sudah membusuk. Periksa terlebih dahulu telur sebelum menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading