Sukses

Food

Tingkatkan Cita Rasa Makanan, Begini Trik Mudah Bikin Minyak Bawang Putih Anti Pahit

Fimela.com, Jakarta Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu yang hampir selalu digunakan dalam berbagai masakan. Bumbu ini memiliki peran penting dalam menyempurnakan cita rasa masakan dengan sentuhan gurih yang khas.

Banyak orang mengolah minyak bawang putih untuk mempercepat proses memasak. Minyak tersebut umumnya digunakan sebagai tambahan pada bubur, nasi goreng, mie ayam, bakmi, dan lain sebagainya.

Untuk membuat minyak bawang putih yang praktis, tahan lama, dan tanpa rasa pahit, kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya seperti yang dijelaskan dalam video di akun TikTok @makremp0n9 yang dirangkum pada Kamis (20/6/2024) sebagai berikut.

Bahan-bahan

Beberapa bahan minyak bawang putih adalah sebagai berikut:

  • 500 gr bawang putih (atau sesuai dengan berapa banyak yang ingin dibuat)
  • 3 butir bawang merah
  • 1 ruas jahe 
  • Minyak goreng

Haluskan Seluruh Bahan

Pertama-tama, haluskan bawang putih, bawang merah, dan jahe. Kamu dapat mencincangnya dengan halus menggunakan pisau, mengolahnya kasar dengan blender, atau menghaluskannya menggunakan chopper.

Tumis Sampai Harum

Ambil panci atau wajan yang telah dituang minyak goreng, pastikan minyaknya mencukupi untuk merendam bawang. Masukkan bawang yang sudah dihaluskan, lalu hidupkan api dengan kekuatan rendah. Aduk-aduk hingga harum dan bawang berubah sedikit ke warna kuning.

Tunggu Minyak Bawang Dingin

Apabila bawang sudah harum dan agak kekuningan, matikanlah api dengan segera dan biarkan hingga suhunya turun. Jangan biarkan sampai berubah menjadi coklat karena sisa panas yang tersisa setelah mematikan api akan terus memasak bawang dan mengubah warnanya secara perlahan.

Masukkan ke dalam Food Container

Setelah suhu turun, tuangkan minyak bawang ke dalam wadah kedap udara, seperti food container, lalu simpan di dalam kulkas. Minyak bawang akan tetap segar dan dapat digunakan kapan saja selama 3-6 bulan ke depan. Semoga berhasil!

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar

Bolehkah Bayi Diberi Minyak Bawang?

Tidak dianjurkan menggunakan minyak bawang merah atau balsam pada bayi untuk meredakan demam karena dapat mengiritasi kulit. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan mempengaruhi pertumbuhan bayi. Bayi mungkin merasa tidak nyaman saat minyak bawang merah digunakan. Disarankan untuk menghindari penggunaannya.

Minyak Bawang Putih untuk Apa Saja?

Minyak esensial bawang putih memiliki kemampuan yang sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan jamur dan kutil karena sifat anti jamurnya yang kuat. Selain itu, penggunaannya juga berguna untuk merawat masalah kulit seperti kurap dan panu yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Apakah Minyak Bawang Sehat?

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di sciencedirect tahun 2022, minyak bawang putih bermanfaat bagi kesehatan dengan efek anti-mikroba, perlindungan jantung, pencegahan kanker, penghambatan Alzheimer, penghambatan pertumbuhan jamur, regulasi kadar gula darah, dan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading