Sukses

Food

Bukan Direndam Baking Soda, Begini Cara Goreng Jamur Krispi Biar Garing Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Dengan tekstur yang renyah serta rasa yang lezat, jamur krispi menjadi pilihan favorit banyak orang, baik sebagai pelengkap hidangan utama maupun camilan. Umumnya, jamur krispi tersedia di warung lalapan, pecel lele, dan beberapa restoran tertentu.

Namun, karena diminati banyak orang, beberapa tempat makan menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi untuk jamur krispi ini. Padahal, kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cita rasa yang tak kalah lezat.

Seorang pengguna Instagram dengan nama akun @martinpraja membagikan tips khusus agar jamur krispi tetap renyah dalam waktu yang cukup lama. Berikut adalah metodenya yang dirangkum pada Kamis (20/06/2024).

 

Rendam dalam Air Garam

Awali dengan menyiapkan 300 gram jamur tiram. Jamur tiram dapat diperoleh di pasar atau lewat e-commerce dengan harga sekitar 24 ribu per kilogram.

Ambil baskom, lalu tambahkan dua sendok teh garam dan satu liter air hingga hampir penuh. Masukkan jamur tiram ke dalam air dan rendam selama lima menit.

Buat Tepung Bumbu

Campurkan dengan merata semua bahan berikut:

  •  10 sendok makan tepung terigu
  •  5 sendok makan tepung sagu
  •  1 1/2 sendok teh garam
  •  1 sendok teh kaldu jamur
  • 1 sendok teh merica
  • 1 sendok teh bubuk bawang putih
  •  1/2 sendok teh bubuk ketumbar
  • 1/2 sendok teh bubuk paprika
  • 1 sendok teh baking soda

Lumuri dengan Tepung Bumbu

Setelah jamur direndam selama lima menit dan bumbu-bumbu tercampur rata, lumuri jamur dengan campuran tepung bumbu. Pastikan jamur diperas hingga kering sebelum dilumuri tepung.

Goreng Sampai Kering

Panaskan minyak secukupnya dalam wajan dengan api sedang. Masukkan jamur yang telah dilumuri tepung secara perlahan-lahan. Tunggu hingga jamur mengering, lalu angkat dan tiriskan sebelum disajikan.

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Jamur Crispy

Apa yang Dimaksud dengan Jamur Crispy?

Jamur Crispy menjadi tren di kalangan remaja. Jamur tiram, yang banyak dibudidayakan oleh petani, diolah menjadi camilan ringan dengan aneka rasa. Jamur tersebut digoreng hingga kering dan ditambahkan berbagai bumbu tabur.

Jamur Crispy Apakah Aman?

Mengonsumsi jamur krispi tetap aman dan boleh dilakukan secara wajar. Namun, jika dimakan berlebihan, bisa menimbulkan efek yang berasal dari proses penggorengan.

Apakah Boleh Jamur Direbus?

Saat merebus, masukkan jamur ke dalam air mendidih selama beberapa menit hingga matang. Jangan terlalu lama agar tidak lembek. Jika ingin menumis atau menggoreng, panaskan sedikit minyak di wajan sebelum memasukkan jamur.

Apakah Jamur Crispy Mengandung Protein?

Dengan rasa gurih dan tekstur renyah, camilan ini diminati banyak orang. Terbuat dari jamur tiram, camilan ini juga bergizi dan bebas kolesterol, sehingga baik untuk kesehatan. Kandungan proteinnya mencapai 19-36%, lebih tinggi dibandingkan dengan protein dalam beras.

Kenapa Jamur Crispy Pahit?

Walaupun diklaim lebih sehat, menumis jamur tanpa minyak atau hanya dengan sedikit minyak dapat membuat jamur cepat hangus dan terasa pahit. Hal ini terjadi karena jamur mampu menyerap cairan dengan cepat, termasuk minyak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading