Sukses

Food

Tips Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

Fimela.com, Jakarta Kambing menjadi salah satu hewan kurban yang banyak dijumpai saat perayaan Idul Adha di Indonesia. Itulah sebabnya, masyarakat sering dapat pembagian daging kurban berupa daging kambing. Hanya saja, kekurangan dari daging kambing ini adalah bau prengusnya yang menyengat.

Daging kambing memiliki bau prengus yang khas karena di dalam dagingnya terkandung senyawa karbonil dan asam-asam lemak. Senyawa karbonil merupakan golongan senyawa organik yang mengandung gugus karboni dan bersifat volatil, yang artinya mudah membentuk uap.

Selain itu, asam-asam lemak yang mudah teroksidasi selama pemasakan juga memunculkan aroma yang dipersepsikan sebagai bau prengus. Konsentrasi senyawa karbonil, termasuk dalam asam lemak seperti aldehida, keton, lakton, flavonoid, fenlik, alkaoid, dan kontaminan obat, sangat berpengaruh terhadap rasa dan bau yang ada dalam daging kambing.

Meskipun bau prengus pada daging kambing tidak bisa hilang seluruhnya, namun dengan beberapa metode seperti menghilangkan lemak pada daging, merendam daging dalam cairan asam atau susu, serta menggunakan bumbu-bumbu tertentu, bau prengus dapat berkurang dan daging kambing dapat diolah tanpa bau yang terlalu kuat.

Lebih lanjut, berikut cara menghilangkan bau prengus daging kambing selengkapnya!

Tips Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

Jangan Mencuci Daging

Daging kambing tidak perlu dicuci sebelum diolah karena mencucinya dapat menyebabkan aroma prengusnya makin keluar hingga kian bau. Selain itu, mencuci daging kambing juga dapat menyebabkan bau tak enak alias bau prengus semakin kuat, serta membuat teksturnya lebih alot.

Proses pencucian daging kambing juga dapat menyebabkan kontaminasi silang bakteri dan virus yang berbahaya, meningkatkan risiko kontaminasi silang dan infeksi, serta menyebarkan kontaminan ke permukaan alat dapur, tangan, atau bahan makanan lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya daging kambing langsung diberi rempah dan bumbu lalu direbus, tanpa perlu dicuci sebelumnya. Jika daging kambing sudah dicuci sebelumnya, kamu dapat menggunakan jeruk nipis untuk mengurangi bau prengus. Balurkan perasan jeruk nipis pada daging dan diamkan selama sekitar 30 menit sebelum dimasak.

Hilangkan Lemak

Lemak pada daging kambing dapat menjadi sumber bau prengus. Sebelum memasak, hilangkan sebanyak mungkin lemak yang ada pada daging. Kamu dapat membuang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya.

Selain mengurangi kandungan lemaknya, cara ini juga dapat membuat daging kambing menjadi lebih gurih secara alami. Pastikan untuk dinginkan daging kambing di dalam lemari es terlebih dahulu agar proses pengirisan lemak lebih mudah

Gunakan Bumbu

Beberapa bumbu seperti biji cengkih, daun salam, sereh, kunyit, bunga lawang, dan jahe dapat membantu menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Haluskan rempah-rempah tersebut untuk membantu menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

Diamkan sebentar, lalu tambahkan bumbu lainnya sesuai dengan menu masakan yang akan dibuat. Gunakan bumbu-bumbu ini saat memasak daging untuk memberikan aroma yang khas dan mengurangi bau prengus.

Tips Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

Rebus dengan Kacang Hijau

Merebus daging kambing bersama kacang hijau juga dapat membantu menghilangkan bau prengusnya. Rebus daging bersama kacang hijau dengan perbandingan 1 kg daging kambing dan 5 gram kacang hijau. Setelah direbus selama 15 menit, angkat dan tiriskan daging sebelum diolah sesuai selera.

Selain itu, proses merebus dengan kacang hijau ini dapat membantu membuat daging kambing menjadi lebih empuk dan mengurangi tekstur yang keras. Selain itu, kacang hijau juga dapat memberikan rasa yang lezat pada daging kambing.

Gunakan Garam

Menghilangkan bau prengus pada daging kambing dengan garam dapat dilakukan dengan cara melumuri daging menggunakan garam. Penggaraman daging mampu menghilangkan sebagian darah yang masih tersisa. Caranya adalah dengan melumuri garam pada setiap sisi daging, kemudian didiamkan selama sekitar 1 jam.

Setelah itu, daging dapat dibasuh sebelum dimasak sesuai dengan menu yang diinginkan. Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan merebus daging. Daging bisa direbus tanpa campuran bumbu apapun atau bisa juga direbus dengan tambahan rempah-rempah. Dalam proses merebusnya, bisa ditambahkan sedikit garam agar daging tidak terlalu hambar.

Gunakan Nanas

Nanas dapat membuat daging lebih empuk dan membantu menghilangkan bau prengus. Kamu dapat memarut atau memotong kecil-kecil nanas, lalu gunakan untuk merendam daging sebelum dimasak. Setelah dilumuri, diamkan daging kambing tersebut selama beberapa saat sebelum diolah lebih lanjut.

Nanas dipercaya dapat membantu menghilangkan bau prengus pada daging kambing dan juga memiliki kandungan enzim papain yang dapat memecah protein, menjadikan daging lebih empuk. Selain itu, buah nanas juga dipercaya mampu menjadikan daging menjadi lebih lunak dan menghasilkan rasa lebih nikmat. 

Tips Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

Gunakan Daun Pepaya

Daun pepaya juga dipercaya efektif dalam menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Menghilangkan bau prengus pada daging kambing dengan daun pepaya dapat dilakukan dengan cara membungkus daging menggunakan daun pepaya.

Daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang efektif untuk menetralkan bau pada daging kambing dan membuat daging menjadi lebih lembut. Setelah membersihkan beberapa lembar daun pepaya, bungkuslah daging tersebut dengan daun pepaya dan diamkan selama beberapa waktu.

Dengan begitu, kandungan enzim pada daun pepaya akan bekerja menghilangkan bau prengus dan menjadikan daging lebih empuk. Selain daun pepaya, bisa juga menggunakan daun jati atau daun jambu sebagai alternatif jika tidak tersedia daun pepaya.

Rebus dengan Serai, Jahe, atau Daun Kemangi

Saat mengolah daging kambing, kamu dapat merebusnya bersama serai, jahe, atau daun kemangi. Rebus hingga mendidih dan bau prengus akan berkurang. Rempah-rempah ini memiliki aroma kuat yang dapat membantu mengurangi bau prengus pada daging kambing.

Proses merebus daging dengan rempah-rempah ini juga dapat membuat daging menjadi lebih empuk dan lebih sedap saat disantap. Selain itu, kamu juga bisa merebus daging kambing dengan bumbu-bumbu lain seperti kunyit, cengkeh, ketumbar, dan daun salam untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading