Sukses

Food

Cara Menyimpan Daun Pisang agar Tidak Cepat Layu Kering dan Menguning

Fimela.com, Jakarta Beberapa jenis makanan harus dimasak atau dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Tapi sayangnya, tidak semua daerah kaya akan pohon pisang sehingga bisa sewaktu-waktu memangkas dan menggunakannya di rumah. Beberapa orang harus membeli daun pisang di pasar, atau harus menyimpannya di rumah karena jarang bisa mendapatkannya di sekitar rumah maupun di pasar. Jika kondisinya seperti ini, tentu kita ingin daun pisang bisa disimpan dengan baik dan tetap segar, sebisa mungkin tidak mengering atau menguning.

Tapi tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menyimpan daun pisang agar tetap segar sehingga tidak cepat kering atau menguning. Ternyata caranya sangat sederhana, barang yang dibutuhkan hanya keresek atau plastik besar. Jika ingin tahu lebih jelasnya, begini cara menyimpan daun pisang.

Cara Menyimpan Daun Pisang

Bahan dan alat:

  • daun pisang
  • kain lap bersih
  • plastik atau kereksek ukuran besar

Cara menyimpan:

  1. Siapkan kain lap bersih, basahi sedikit dengan air. Jangan sampai terlalu basah menetes air atau becek, cukup sampai lembab saja. Jika terlalu basah, peras dahulu kain lapnya.
  2. Daun pisang tidak perlu dicuci karena justru akan gampang merusak daun.
  3. Lebarkan daun pisang, lap permukaannya yang hijau untuk membersihkan dari kotoran atau debu. 
  4. Lipat kembali daun pisang.
  5. Masukkan ke dalam plastik besar, lalu ikat rapi.
  6. Masukkan ke dalam kulkas bagian chiller atau sayuran.
  7. Daun pisang bisa digunakan kapan saja sata dibutuhkan, tak perlu harus beli atau mencari di luar. 

Daun pisang yang disimpan di kulkas chiller bisa bertahan segar selama 1 minggu hingga 1 bulan ke depan. Tapi jika ingin menyimpan lebih lama, misalnya 2 bulan lebih, daun pisang bisa juga disimpan di dalam freezer. Jika ingin menggunakan, diamkan dulu hingga suhu ruangan. Daun pisang akan tetap segar dan berwana hijau.

Itu dia cara sederhana menyimpan daun pisang di rumah agar daun pisang tidak cepat kering atau menguning. Semoga bermanfaat dan silakan coba.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading