Sukses

Food

Tips Memasak Ayam Goreng Tepung Keriting, Renyah dan Anti Gagal Hanya dengan 1 Bahan Dapur Tambahan

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng adalah pilihan utama dan favorit hampir semua orang sebagai lauk. Ada berbagai cara untuk menggoreng ayam, mulai dari tanpa tepung, menggunakan tepung krispi, hingga menggunakan tepung keriting.

Namun, tidak sedikit yang mengalami kegagalan dalam membuat ayam goreng dengan tepung keriting. Memasak ayam dengan metode ini memang memerlukan trik tertentu agar hasilnya renyah dan tidak terlalu keras.

Sebagai solusi, berikut ini ada beberapa cara untuk membuat ayam goreng tepung keriting yang renyah dan anti alot, dirangkum pada (07/06/2024).

Gunakan Teknik Dicubit-cubit

Untuk menghasilkan krispi yang sempurna pada ayam goreng tepung, disarankan untuk mencubit-cubit ayam saat melapisinya dengan tepung kering. Ini bertujuan agar tepung dapat melekat dengan baik dan menghasilkan tekstur keriting pada permukaannya setelah digoreng. Dengan teknik ini, ayam akan memiliki tekstur renyah dan garing di luar namun tetap empuk dan juicy di dalamnya.

Tambahkan Telur

Sekitar waktu tertentu, telur bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan atau membesarkan adonan. Bahkan dalam proses penggorengan ayam, telur memiliki peran sebagai penambah volume, penyedia tekstur, dan meningkatkan cita rasa gurih pada hasil gorengan. Telur menjadi salah satu bahan yang penting untuk menciptakan lapisan luar ayam goreng yang renyah tanpa kesan keras.

Tambahkan Baking Powder

Menambahkan bahan dapur ini juga bisa meningkatkan hasil ayam goreng tepung keriting yang renyah. Baking powder akan mengembangkan adonan ayam goreng, membuatnya berongga di bagian dalamnya, sehingga tidak akan terasa keras atau alot saat digigit. Selain itu, baking powder juga memberikan tekstur gorengan yang renyah, keriting, dan tidak lembek setelah digoreng.

Gunakan Air Dingin

Banyak orang meyakini bahwa menggunakan air dingin atau es dapat membantu menciptakan tekstur ayam goreng yang lebih keriting dan renyah. Daripada menambahkan air biasa atau bahkan air hangat, penggunaan air dingin atau es jauh lebih efektif dalam menciptakan ayam goreng yang renyah dan gurih.

Goreng Menggunakan Minyak Panas

Pastikan minyak benar-benar panas sebelum Anda memasukkan ayam ke dalamnya. Jika tidak, hasilnya tidak akan keriting dan hanya akan membuat lebih banyak minyak terserap. Tunggu sampai minyak benar-benar panas, kemudian masukkan ayam yang sudah dibalut tepung. Suhu panas akan menguapkan cairan di luar ayam dengan cepat, mematangkan ayam secara merata dan menjaga dagingnya tetap juicy di dalam.

Apa Fungsi Baking Powder Pada Ayam Krispi?

Baking powder akan membantu memberikan tekstur gorengan yang keriting dan renyah. Jangan gunakan baking powder terlalu banyak. Pasalnya, baking powder yang terlalu banyak bisa mempengaruhi rasa ayam krispi. Air es bagus untuk menciptakan lapisan tepung yang keriting setelah digoreng.

 

 

 

Apakah Ayam Goreng Harus Direbus Dulu?

Untuk ayam dengan potongan besar, sebaiknya diungkep dan direbus terlebih dahulu. Merebus ayam sebelum digoreng, akan membuat cita rasa ayam menjadi lebih nikmat.

Mengapa Ayam Goreng Tepung Tidak Sehat?

Makanan bertepung, seperti kentang goreng atau ayam goreng tepung, diketahui akan mengandung akrilamida yang lebih tinggi ketika terpapar suhu tinggi. Jika terlalu banyak dan sering dikonsumsi, zat ini diduga bisa menyebabkan beberapa jenis kanker, seperti kanker ovarium.

Kenapa Tepung Tidak Menempel di Ayam?

Terlalu kering membuat tepung tidak menempel, begitupun kalau terlalu basah. Itu sebabnya tak heran kalau tepung tidak menempel jika pertama-tama ayam dicelupkan dalam air es baru kemudian tepung. Tips: balik prosesnya, celupkan ayam kedalam tepung, kemudian ke dalam air es dan kembali ke tepung lagi.

 

 

Untuk Gorengan Baking Soda Apa Baking Powder?

Baking soda biasa digunakan dalam resep yang mengandung bahan bersifat asam seperti bubuk kakao atau buttermilk. Sedangkan, baking powder lebih sering digunakan dalam resep kue yang tidak mengandung bahan asam tambahan. Baking soda juga dapat dicampurkan ke dalam adonan tepung kering untuk gorengan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading