Sukses

Food

Tak Perlu Dicelup Air, Ini Cara Memilih Telur Ayam yang Bagus di Pasar

Fimela.com, Jakarta Ketika belanja telur di pasar, terkadang banyak orang penasaran bagaimana cara memilih telur ayam yang baik, berkualitas dan masih baru sehingga tidak rugi saat sudah membeli dan memasaknya di rumah. Ketika tak bisa memilih telur ayam yang bagus dan masih segar, tentu kita juga tak bisa menyimpannya agak lama di rumah. Meskipun sekilas telur ayam tampak sama semua, tapi jika diperhatikan lebih jeli, sebenarnya bisa dibedakan dengan mudah mana yang masih baru dan mana yang sudah lama sehingga kualitasnya menurun.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengecek telur ayam yang bagus, bisa dengan disenter bagian dalamnya atau dicelup ke dalam air, tapi tentunya cara-cara ini lumayan ribet dan susah dipraktekkan jika sedang jalan belanja ke pasar. Padahal ada cara sederhana jika ingin memilih telur ayam yang bagus. Cek caranya berikut ini.

Cara memilih telur ayam yang bagus hanya dengan 2 teknik

Ada dua cara paling mudah yang bisa dilakukan jika ingin beli telur yang bagus di pasar, yaitu

1. Pilih telur yang warnanya cokelat gelap

Jika membeli telur ayam horen atau peternak, ambil yang warna kulit cangkangnya coklat gelap merata, kinclong dan tampak tebal. Hindari memilih telur yang warna cangkangnya cokelat terang atau pudar, apalgi teras tipis. Jika disejajarnya, kita bisa melihat perbedaan warnanya. Telur yang sudah lama warnanya lebih pudar.

2. Kocok telur untuk mendengarkan bunyinya

Ambil telur dan dekatkan ke telinga. Jika saat dikocok telur tidak berbunyi, tandanya masih baru dan segar. Jika berbunyi saat dikocok, berarti telur sudah tidak segar atau persediaan lama. Sebaiknya jangan pilih yang sudah berbunyi, karena itu tandanya putih telur sudah mencair. Jika dipecahkan, putih telur akan terpisah dari kuningnya dan tidak kental lagi.

Itu dia cara sederhana memilih telur ayam jika belanja ke pasar atau toko bahan pangan. Tidak perlu bawa-bawa air di baskom untuk mengecek kesegaran telur ayam.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading