Sukses

Food

Cukup Pakai 1 Bumbu Dapur, Begini Cara Agar Ikan Teri Tidak Keasinan

Fimela.com, Jakarta Dengan cita rasa dan tekstur yang menggoda, ikan teri dapat menjadi pilihan makanan yang fleksibel karena dapat diolah menjadi sambal, bumbu, atau camilan.

Meskipun begitu, tingkat keasinan yang tinggi seringkali menjadi kendala. Hal ini biasanya tidak dapat dihindari karena ikan teri yang dijual di pasaran cenderung sudah asin.

Kebanyakan orang mencoba mengurangi tingkat keasinan dengan merendam ikan teri dalam air panas.

Namun, ada metode lain yang lebih efisien untuk mengurangi tingkat keasinan ikan teri. Penyelesaiannya diungkapkan oleh seorang pengguna YouTube bernama Denny Gs, yang dibagikan pada hari Kamis (06/06/2024).

Siapkan Rendaman Air Garam

Daripada menggunakan air panas, ternyata ikan teri dapat direndam menggunakan air biasa sebanyak enam ratus mililiter. Namun, jangan lupa untuk campurkan satu sendok makan garam ke dalam air rendaman tersebut.

Rendam Ikan Teri Selama Lima Menit

Persiapkan ikan teri yang hendak dimasak kemudian rendam di dalam air yang telah diberi garam. Ratakan larutan garam dengan mengaduk-aduknya secara merata. Setelah itu, biarkan ikan terendam dalam keadaan terbuka selama lima menit.

Cuci Sebanyak 3 Kali

Setelah waktu lima menit berlalu, segera buang air rendaman sebelum melakukan proses pencucian. Ikan teri perlu disiram dengan air mengalir sebanyak tiga kali. Pastikan untuk memperbarui air di dalam wadah setiap kali mencuci ikan teri.

Ikan Teri Tidak Keasinan Lagi

Sebelum ikan teri diolah lebih lanjut, perlu untuk membuang air cucian terakhir. Setelahnya, ikan teri telah kehilangan keasinannya dan siap untuk dimasak sesuai selera.

Proses ini terjadi karena osmosis, di mana molekul air bergerak dari ikan teri ke dalam larutan air garam. Ini mengakibatkan garam diserap oleh ikan teri.

Dengan begitu, garam pada ikan teri menjadi lebih mudah dibersihkan ketika dibilas dengan air mengalir, sehingga rasa asinnya berkurang.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar ikan Teri

Apa Manfaat dari Ikan Teri?

Salah satu manfaat tambahan dari ikan teri adalah mendukung kekuatan tulang. Hal ini terjadi karena ikan teri kaya akan mineral, seperti fosfor dan kalsium, yang sangat berguna bagi kesehatan tulang. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi secara teratur juga dapat mencegah osteoporosis di masa yang akan datang.

Apakah Ikan Teri Memang Asin?

Ikan asin sering dibuat dari berbagai jenis ikan, seperti ikan teri, gabus, tongkol, dan tenggiri. Kandungan kalsium dan fosfor dalam ikan asin sangatlah tinggi.

Apakah Ikan Teri Harus Dicuci Sebelum Digoreng?

Setelah dicuci, ikan teri harus dikeringkan dengan lembut menggunakan tisu dapur atau kain bersih. Menjaga kebersihan dan kekeringan ikan teri sebelum digoreng akan membantu menciptakan tekstur yang lebih renyah dan rasa yang lebih lezat.

Apakah Ikan Teri Mengandung Garam?

Kandungan natrium atau sodium terdapat dalam ikan teri. Nutrisi ini bermanfaat untuk mengatur tekanan dan volume darah.

Bolehkah Anak Makan Ikan Teri Asin?

Ikan teri juga merupakan pilihan yang baik untuk anak-anak. Kandungan nutrisi yang lengkap dalam ikan teri, seperti protein, mineral, dan asam lemak omega-3, sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Nutrisi-nutrisi ini memegang peran krusial dalam pembentukan sel otak dan tulang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading