Sukses

Food

Cara Mengempukkan Daging dengan Daun Pepaya Agar Daging Tidak Hancur

Fimela.com, Jakarta Ketika ingin masak daging kambing atau daging sapi agar tidak alot dan keras, salah satu cara yang paling sering dibicarakan banyak orang adalah dengan daun pepaya. Tapi sayangnya tidak semua orang tahu cara yang tepat mengempukkan daging kambing atau sapi dengan daun pepaya. Terkadang, jika caranya salah justru serat daging jadi hancur berlebih sehingga tidak enak disantap ketika sudah dimasak. Jika punya pohon pepaya di dekat rumah dan berniat membuat daging empuk menggunakan daun pepaya, begini cara dan tips yang bisa dilakukan.

Tips:Daun pepaya hanya perlu diremas dan dicampurkan dengan daging sapi.Tidak perlu memblender atau menghancurkan daun pepaya untuk mengempukkan daging karena itu akan menghancurkan serat daging berlebihan.Jangan terlalu lama membungkus daging dengan daun pepaya, cukup 5-15 menit tergantung seberapa banyak daging yang perlu diempukkan, selama sudah terkena getah daun pepaya sebaiknya jangan didiamkan terlalu lama. Terlalu lama memeram dengan daun pepaya akan membuat daging terlalu empuk bahkan hancur jika dimasak.

Cara mengempukkan daging dengan daun pepaya yang benar

Persiapan bahan:

  • 2 lembar daun papaya tua
  • 1 kg daging sapi/kambing

Cara mengempukkan daging:

  1. Potong-potong daging sesuai kebutuhan.
  2. Remas-remas daun pepaya hingga layu dan tidak kaku.
  3. Campurkan daging dengan daun pepaya sambil diremas agar terkena getah daunnya. 
  4. Lebarkan daun pepaya yang sudah diremas, tata daging di tengah daun.
  5. Bungkus daging dengan daun pepaya hingga menutup semua bagian daging.
  6. Diamkan selama 5-10 menit tergantung seberapa banyak daging.
  7. Jangan terlalu lama agar serat daging tidak terlalu hancur karena tidak akan enak disantap jika daging terlalu empuk dan hancur.

Itu dia cara mengempukkan daging dengan daun pepaya agar daging tidak terlalu hancur sehingga tetap enak disantap. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading