Sukses

Food

Hanya dengan 2 Bumbu Dapur, Begini Cara Jitu Agar Daging Kambing Tidak Bau Prengus

Fimela.com, Jakarta Walaupun cita rasanya enak, daging kambing sering kali memancarkan bau yang tajam, yang dikenal sebagai aroma prengus.

Aroma tersebut timbul dari feromon yang melekat pada kambing, terutama yang berasal dari kambing jantan.

Untuk menghilangkan aroma prengus ini, daging kambing biasanya diproses dengan berbagai macam bumbu untuk menutupi baunya. Salah satu jenis bumbu yang sering dipakai adalah daun salam.

Namun, ada dua jenis bumbu lain yang terbukti lebih efektif dalam mengurangi aroma prengus. Kedua bumbu ini diuji coba oleh seorang pengguna TikTok yang dikenal dengan akun @makanannetizen dalam salah satu videonya yang akan dibahas pada hari Rabu (05/06/2024).

Gunakan Jahe dan Bawang Putih

Untuk mengurangi aroma prengus, jahe dan bawang putih dapat digunakan sebagai alternatif pengganti daun salam. Langkahnya adalah dengan merebus satu iris jahe dan satu siung bawang putih hingga menghasilkan aroma yang wangi.

Rebus Daging Kambing

Setelah menikmati aroma harum jahe dan bawang putih, lanjutkan dengan menaruh irisan daging kambing ke dalam kaldu yang sedang mendidih, lalu aduk secara perlahan.

Buang Buih Rebusan

Setelah direbus dalam beberapa menit, akan terlihat buih/busa muncul dari rebusan. Pisahkan dan buang buih tersebut untuk menjauhkan daging kambing dari aroma prengus.

Tiriskan Daging

Setelah dimasak beberapa saat dan struktur dagingnya menjadi lebih lembut, matikanlah api untuk mengeluarkan dagingnya. Sekarang, aroma prengus telah hilang dari daging kambing.

Untuk meningkatkan efektivitas, cobalah menerapkan teknik 5-30-7. Rebuslah daging kambing selama lima menit, lalu matikan api dan tutup panci untuk didiamkan selama tiga puluh menit. Sesudah itu, rebus daging kambing selama tujuh menit lagi sebelum disaring dan disiapkan sebagai hidangan.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Daging Kambing

Apa Itu Bau Prengus pada Daging Kambing

Naasnya, aroma prengus bisa mereduksi kesenangan menikmati hidangan tersebut. Apakah sebenarnya aroma prengus itu? Aroma unik ini muncul dari daging kambing, berasal dari feromonnya, khususnya pada kambing jantan. Aroma tersebut mungkin mengganggu pengalaman kuliner seseorang.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Prengus pada Kambing?

Agar mengatasi aroma kurang sedap pada daging kambing, Anda bisa menaburkan garam di permukaannya. Diamkan garam tersebut selama satu jam. Garam akan menyerap dan menetralkan aroma darah kambing. Setelah itu, bersihkan daging dengan air dingin sebelum memasaknya.

Kenapa Daging Kambing Jangan Dicuci?

Mencuci daging kambing mungkin terlihat sebagai langkah yang wajar, namun ternyata bisa menghasilkan aroma yang tidak sedap, atau dikenal sebagai aroma prengus. Selain itu, mencuci daging juga dapat mengubah tekstur daging menjadi lebih padat. Maka, daripada dicuci, lebih baik langsung persiapkan daging dengan rempah dan bumbu, kemudian rebus.

Bagaimana Aroma Daging Kambing?

Aroma unik dari daging kambing cenderung lebih kuat daripada daging sapi, terutama dalam aspek keamisan. Ini dikarenakan diet alami kambing, terutama rumput yang mengandung klorofil yang mengandung zat phytol. Zat phytol ini yang menghasilkan aroma kuat dan khas pada daging kambing.

Apa Risiko Makan Daging Kambing?

Penting untuk diingat risiko dari mengonsumsi daging kambing secara berlebihan karena dapat mengakibatkan penimbunan lemak pada pembuluh darah arteri, meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner, bahkan stroke.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading