Sukses

Food

Jajanan Klasik Roti Srikaya dengan Resep Turun Temurun, Siap Manjakan Lidah Pecinta Kuliner

Fimela.com, Jakarta Kehadiran roti srikaya telah mengambil hati para pecinta kuliner beberapa waktu belakangan. Cita rasa yang manis dan tekstur lembut mampu membangkitkan kenangan akan jajanan klasik khas tempo dulu.

Meramaikan khasanah kuliner Nusantara, Surabaya memiliki sebuah outlet jajanan yang menjual roti srikaya terenak. Tak jauh dari pusat kota, tepatnya di area G-Walk Citraland Surabaya, foodies bisa menemukan outlet Roti Srikaya Agogo. Berbeda dengan roti srikaya lainnya, Agogo menawarkan resep selai yang super enak lantaran sudah diramu turun temurun dari generasi ke generasi.

Ali Hano, pemilik dan juga pemilik resep asli selai srikaya tersebut menjelaskan, resep selai didapatkan dari warisan sang Ibunda. Dia mendapatkan dorongan dari sang Ibu untuk tetap meneruskan resep selai srikaya yang otentik tetapi dengan kemasan yang mengikuti zaman.

“Mama saya mendorong saya membuat selai srikaya ini dengan branding saya sendiri karena selai srikaya enak dan otentik susah didapat sekarang ini,” ujar Ali dalam keterangan rilis.

Perihal nama, Roti Srikaya Agogo rupanya memiliki cerita sendiri di hati Ali. Dia menuturkan, Agogo merupakan sebuah nama roti yang cukup terkenal saat masa kecilnya. Nama roti ini dulunya sangat terkenal di kota kelahirannya, Sumatera Utara.

Roti Agogo adalah roti manis buatan toko roti legenda di kota saya. Nama Agogo enak didengar dan gampang diingat juga,” kenang Ali Hano.

Cara membuat dengan tradisional

Resep selai srikaya Agogo, kata Ali, tergolong langka dan unik. Hal ini karena proses pembuatannya masih memakai cara kuno yang kini jarang ditemukan. Cara tradisional ini menjadi nilai tambah dari rasa isian roti yang mana proses produksinya memakan waktu hampir 5 jam. 

Proses ini dikatakan Ali tentu sudah jarang ditemui pada proses pembuatan selai masa kini yang cenderung memakai teknik instant all in one sekali masak yakni sekitar 45 menit saja.

Bedanya rasa asli kelapa selai instan tidak seharum dengan memakai teknik kuno.Ali bisa menjamin rasa selai srikaya buatannya sangat orisinil karena dibuat dengan penuh ketelatenan dan kesabaran.Dalam mengolah selai yang berbahan dasar kelapa pun tak boleh tergesa-gesa agar tak cepat basi dan dapat matang sempurna. 

Selain rasa selai yang otentik, dirinya juga memproduksi roti kukus yang pulen dan super lembut. Apalagi roti kukus dengan berbagai varian rasa dan warna ini dibuat dengan teknik dan formula yang tak biasa. 

“Membuat roti kukus kami sama sekali beda dengan roti tawar yang sudah umum di jumpai di toko roti lainnya,” katanya. 

Para pecinta kuliner berbahan dasar roti akan sangat dimanjakan dengan 5 varian rasa roti srikaya yaitu original, pandan, gandum, cokelat dan taro. Selain roti srikaya, di sini juga tersedia beberapa varian roti sisir dan cake lapis Surabaya. Untuk satu pax roti selai berisi 5 biji dihargai Rp50.000 dengan rasa roti yang bisa dicampur.

Tak hanya itu, kalian pun dapat membeli selai srikaya yang super lezat dengan harga Rp65.000 untuk 275 gr dan Rp75.000 untuk 375 gr. Dan juga jika ingin membeli membeli roti saja tanpa selain, untuk 1 loaf dibanderol Rp50.000.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading