Sukses

Food

Tanpa Talenan, Ini Cara Mudah Iris Pisang Kipas Anti Putus

Fimela.com, Jakarta Selain rasa lezatnya, daya tarik dari pisang goreng kipas terletak pada bentuknya yang unik, sehingga diminati oleh banyak penggemar pisang goreng. Proses pembuatan bentuk kipas pada pisang ini memerlukan kehati-hatian agar tidak mudah putus.

Seorang pengguna Instagram dengan nama akun @ade_trianingsih membagikan sebuah video singkat yang menampilkan seorang penjual pisang goreng sedang dengan mudah membuat irisan pisang menjadi bentuk kipas.

Ingin tahu caranya? Langsung saja simak penjelasannya yang kami rangkum pada Selasa (4/6/2024) ini.

1. Posisikan Pisang Miring

Pertama, persiapkan buah pisang yang telah dikupas. Setelah itu, genggam pisang menggunakan tangan kiri dengan arah yang sejajar dengan ujung jari-jari tangan.

2. Perhatikan Arah Irisan

Kedua, potong pisang dari bagian ujungnya di dekat pangkal telapak tangan ke arah bagian tengahnya. Iris menyerong tipis-tipis agar tidak terputus. Buat sekitar lima helai kipas irisan pisang. Hanya pada iris terakhir, potong pisang hingga terputus.

3. Tekan dengan Ibu Jari

Untuk memperoleh kipas pisang yang teratur, tekanlah dengan lembut dan tarik sedikit ke samping pada setiap helai kipas pisang menggunakan ibu jari. Hal ini akan memastikan setiap potongan pisang dapat bergeser dan membentuk kipas yang indah.

Pemilihan Pisang

Amati dengan seksama kondisi pisang yang akan dipilih. Sebaiknya pilihlah pisang yang telah mencapai tingkat kematangan sedang agar memudahkan dalam pembentukan kipas.

Pisang yang masih belum matang cenderung memiliki tekstur yang keras, sehingga rentan patah saat dipotong tipis untuk dibentuk menjadi kipas.

Di sisi lain, pisang yang sudah terlalu matang biasanya memiliki tekstur yang lembek, sehingga sulit untuk dibentuk dengan baik.

Perhatikan Pisau yang Dipakai

Disarankan memilih pisau kecil yang runcing agar mempermudah dalam membentuk pisang kipas. Lebih dari itu, kelebihan pisau kecil adalah kemudahannya dalam digunakan karena teknik ini tidak memerlukan talenan sedikitpun.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Pisang

Apakah Pohon Pisang Kipas Bisa Berbuah?

Berbeda dengan kebanyakan pohon pisang yang menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi, pisang kipas memiliki kecenderungan yang jarang untuk berbunga dan berbuah. Nama ilmiah tanaman ini adalah Ravenala madagascariensis. Menariknya, pisang kipas berasal dari Madagaskar.

Apa Nama Latin Pisang Tanduk?

Di Kabupaten Enrekang, varietas pisang tanduk (Musa paradisiaca) menjadi salah satu jenis pisang yang berpotensi untuk diperdagangkan. Walau begitu, eksplorasi menyeluruh terhadap tanaman ini belum pernah dilakukan, dan tetap menjadi bagian dari warisan lokal yang terus dijaga hingga saat ini.

Dimana Pohon Pisang Tumbuh dengan Baik?

Di daerah tropis, pohon pisang adalah tumbuhan yang umum ditemui. Tumbuhnya bisa mencakup wilayah dataran rendah sampai dengan ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Untuk tumbuh dengan baik, tanaman ini membutuhkan curah hujan sekitar 1500 hingga 2500 mm per tahun dan suhu yang berada dalam rentang 15 hingga 35 derajat Celsius. Pisang mampu bertumbuh di berbagai jenis tanah.

Jenis Pisang Apa yang Cepat Berbuah?

Percepat produksi buah dalam waktu setahun dengan melakukan perawatan tanaman secara intensif. Pisang Morosebo menonjol dengan keunikan tersendiri. Selain berbuah lebih cepat daripada jenis pisang lainnya, pohon Pisang Morosebo memiliki keterbatasan tinggi, hanya mencapai sekitar satu meter saat mulai berbuah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading