Sukses

Food

Cara Memperbaiki Santan Pecah saat Dimasak dengan 1 Bahan Saja

Fimela.com, Jakarta Memasak makanan dengan kuah santan atau membuat kue dengan air santan mungkin sering dilakukan masyarakat Indonesia, dan salah satu masalah yang sering dikeluhkan banyak orang ketika mengolah makanan dengan bahan santan adalah santan pecah sehingga tak bisa digunakan lagi untuk memasak atau membuat kue.

Santan pecah saat dimasak biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu suhu panas yang berlebihan, pengadukan yang kurang tepat, keasaman makanan hingga santan yang tidak segar. Ketika santan pecah, seringkali rasa makanan menjadi berubah, gampang basi, nilai gizi yang menurun karena santan sudah rusah hingga tekstur makanan jadi kurang menyenangkan.

Tapi ada satu cara agar bisa memperbaiki santan pecah selama proses perebusan atau pemasakan hanya dengan satu bahan, yaitu daun pisang. Begini tips memperbaiki santan yang bisa dipraktekkan.

Cara memperbaiki santan pecah

Bahan:

  • 1 liter santan
  • 1 lembar daun pisang (ukuran panjang sekitar 15 cm)

Cara merebus santan pecah:

  1. Masak santan di dalam panci, aduk agar tidak pecah dan atur suhunya agar tidak pecah.
  2. Jika santan sudah terlanjur pecah, masukkan daun pisang ke dalamnya.
  3. Kecilkan api, masak dan aduk terus hingga tekstur santan konsisten dan menyatu lagi.
  4. Jika dirasa tekstur santan sudah konsisten dan menyatu, tiriskan daun pisang.
  5. Lanjutkan memasak santan untuk keperluan yang diinginkan, bisa digunakan untuk mengolah masakan atau kue-kue basah.

Catatan:

  1. Semakin banyak santan yang direbus atau dimasak, masukkan daun pisang lebih banyak agar santan lebih cepat menyatu kembali.
  2. Jangan biarkan daun pisang ikut dimasak bersama santan terlalu lama karena akan mengubah warna santan menjadi gelap atau kekuningan. Begitu santan sudah menyatu, angkat daun pisang.
  3. Cara ini bisa dilakukan kapan saja saat memasak santan yang pecah, saat sudah dicampur dengan bahan-bahan lain seperti ketika memasak sayur atau opor maupun ketika memasak santan saja. 

Dengan cara sederhana ini, santan pecah tidak harus diganti dengan yang baru atau dibuang karena mubazir. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading