Sukses

Food

Tana Pakai Jahe, Begini Cara Bikin Ikan Goreng Anti Amis

Fimela.com, Jakarta Makanan berupa ikan yang digoreng tidak hanya mengundang selera makan, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan karena mengandung banyak protein dan rendah lemak. Proses pembuatannya relatif mudah, dengan cara merendam ikan dalam bumbu dan kemudian menggorengnya.

Salah satu masalah yang sering muncul saat menggoreng ikan adalah aroma amis yang berasal baik dari minyak maupun dari ikan itu sendiri. Beberapa orang telah mencoba menggunakan jahe sebagai penambah aroma untuk mengatasi masalah ini.

Namun, seorang pengguna Instagram dengan nama @ligia_amoy memiliki solusi alternatif untuk mengatasi aroma amis pada ikan goreng, yang akan dibagikan pada Selasa (28/05/2024).

Siapkan Beberapa Potong Ikan

Untuk memudahkan pengolahan ikan tanpa rasa amis, langkah pertama adalah memotong dan memisahkan bagian kepala dari badannya.

Pilihlah ikan sesuai selera, namun perlu diingat bahwa ikan air tawar cenderung memiliki rasa amis yang lebih kuat karena kadar garamnya yang rendah.

Usap dengan Cuka Dapur

Setelah dilakukan pemotongan pada ikan, letakkan potongan-potongan tersebut ke dalam sebuah mangkuk. Cuka dapur kemudian dituangkan di atas ikan, lalu ratakan dengan cara diusap.

Goreng dengan Bawang Putih

Panaskan minyak pada api sedang hingga hangat, lalu tambahkan satu siung bawang putih ke dalam wajan. Tanpa menunggu sampai mendidih, letakkan potongan ikan ke dalam wajan.

Ikan Goreng Terbebas dari Bau Amis

Saat menggoreng, disarankan untuk secara berkala membalik-balik ikan supaya matangnya merata di kedua sisi. Setelah ikan terlihat mulai kering, matikan api kompor, lalu angkat ikan goreng untuk disajikan.

Dengan menerapkan metode ini, dijamin bau amis pada ikan goreng bisa terhindarkan. Selain itu, minyak goreng yang digunakan akan tetap bersih dan bisa digunakan kembali sampai tiga kali penggunaan maksimal.

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Ikan Goreng

Apakah Ikan Goreng Makanan Sehat?

Nutrisi yang esensial dan bermanfaat bagi kesehatan terdapat dalam ikan. Meskipun, ketika ikan tersebut digoreng, kandungan lemak dan kalorinya yang tinggi membuatnya dianggap kurang sehat.

Apa Manfaat dari Ikan Goreng?

Kesehatan bisa ditingkatkan melalui konsumsi ikan goreng karena sebagai sumber protein yang tinggi, rendah kalori, dan mengandung lemak sehat seperti omega-3 yang bermanfaat untuk jantung dan otak. Vitamin D yang penting untuk tulang juga banyak terdapat dalam ikan.

Apa yang Dimaksud dengan Ikan Goreng?

Cara memasak ikan goreng melibatkan penggunaan mentega, telur, dan tepung roti, tepung, atau rempah-rempah sebagai bahan lapisan sebelum menggoreng. Biasanya disajikan dengan potongan lemon.

Apakah Menggoreng Ikan Menghilangkan Protein?

Proses penggorengan yang panas dapat mengurangi kandungan nutrisi dan vitamin dalam ikan, dan penyerapan minyak selama proses tersebut dapat meningkatkan lemak dan kalori yang tidak sehat. Meskipun ikan kaya akan protein, omega-3, dan nutrisi penting, tapi ketika digoreng, kandungannya bisa berkurang.

Berapa Lama Goreng Ikan Sampai Garing?

Menurut BHG.com, ikan sebaiknya digoreng dengan minyak nabati pada suhu sekitar 180 derajat Celcius selama lima hingga delapan menit. Perlu dihindari agar tidak menggoreng terlalu lama agar ikan tidak gosong.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading