Sukses

Food

Tips Mengurangi Rasa Asin pada Ikan Peda Cukup dengan 1 Bahan

Fimela.com, Jakarta Ikan peda dengan cita rasa asinnya yang khas, sering menjadi pilihan favorit untuk banyak hidangan. Banyak divariasikan untuk beragam sajian. Tentu akan menggugah selera.

Rasa asin pada ikan peda adalah pengawet alami agar lebih awet. Namun, kadang rasa asin yang terlalu kuat bisa mengganggu selera. Apalagi buat kamu yang sensitif dengan rasa asin. Tentu akan menggangu selera makanmu.

Nah, buat kamu yang ingin mengolah ikan peda dapat menggunakan cara ini. Salah satu cara sederhana dan efektif untuk mengurangi rasa asin ikan peda adalah dengan menggunakan air jeruk nipis. Caranya mudah dan pasti mudah ditiru. Yuk, cek caranya di bawah ini. 

 

Cara Menghilangkan Asin pada Ikan Peda

  1. Agar asin pada ikan peda berkurang, kamu cukup menggunakan jeruk nipis. Siapkan 2-3 buah jeruk nipis. Lalu lakukan cara di bawah ini.
  2. Bersihkan ikan peda dengan membilasnya di bawah air mengalir. Hal ini membantu menghilangkan kotoran dan sebagian garam di permukaan ikan.
  3. Peras jeruk nipis hingga mendapatkan air perasan yang cukup untuk merendam ikan peda. Biasanya, 2-3 buah jeruk nipis cukup untuk 2-3 ekor ikan peda ukuran sedang. Tempatkan ikan peda dalam wadah atau mangkuk yang cukup besar.
  4. Tuangkan air perasan jeruk nipis ke atas ikan peda hingga merata. Pastikan semua bagian ikan terkena air jeruk nipis.
  5. Diamkan ikan peda dalam rendaman air jeruk nipis selama 15-30 menit. Asam dari jeruk nipis akan membantu menarik sebagian garam keluar dari daging ikan.
  6. Setelah proses perendaman, bilas kembali ikan peda dengan air mengalir untuk menghilangkan sisa air jeruk nipis dan garam yang terlepas dari daging ikan.
  7. Keringkan ikan peda dengan menggunakan tisu dapur atau kain bersih.
  8. Ikan peda yang sudah direndam dan dibilas siap untuk dimasak sesuai dengan resep pilihanmu.

Proses ini tidak hanya mengurangi rasa asin, tetapi juga menambahkan sedikit aroma segar dari jeruk nipis. Sehingga ikan peda yang dimasak jadi lebih enak. 

Tips Lain untuk Mengurangi Asin pada Ikan Peda

Ada beberapa cara agar ikan peda tidak asin. Kamu bisa mencoba cara berikut ini.

  1. Jumlah jeruk nipis yang digunakan bisa disesuaikan dengan tingkat keasinan ikan peda dan selera. Jika rasa asin masih terlalu kuat, ulangi proses perendaman.
  2. Selain jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan air perasan lemon atau cuka apel sebagai alternatif untuk mengurangi rasa asin
  3. Hindari merendam ikan peda terlalu lama dalam air jeruk nipis karena bisa membuat tekstur ikan menjadi terlalu lembek dan mengurangi cita rasa asli ikan. Dengan menggunakan air jeruk nipis, kamu dapat menikmati ikan peda dengan rasa asin yang lebih seimbang dan nikmat.

Selamat mencoba!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading