Sukses

Food

5 Tips Menyimpan Gula Aren agar Tidak Cepat Mencair atau Meleleh

Fimela.com, Jakarta Jika suka memasak atau mengolah makanan dan minuman yang menggunakan gula aren, mungkin kamu tertarik untuk beli banyak agar bisa disimpan di rumah sehingga lebih praktis ketika ingin mengolahnya. Meski tampak sepele, tapi jika cara menyimpan gula aren tidak tepat, maka akan mudah meleleh atau mencair. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah gula aren mencair? Ini beberaa tips menyimpan gula aren agar tidak gampang mencair.

1. Kemas dalam plastik tertutup

Sediakan plastik kedap udara seperti ziplock untuk menyimpan gula aren bebas dari udara dan serangga. Bisa juga dikemas di dalam plastik kiloan, kemudian segel dengan selotip atau alat pres segel sehingga mencegah udara masuk dan mencegah serangga mendekat. Jika punya alat pres kedap udara, justru lebih baik lagi karena membuat gula aren bisa disimpan lebih lama dengan cara menghilangkan unsur udara di dalam kemasan. Kemudian tinggal masukkan ke dalam stoples tertutup.

2. Menyimpan di dalam freezer

Gula aren akan tahan lama dan tidak mudah mencair jika disimpan di dalam freezer. Ini adalah cara paling mudah dilakukan, tapi juga memiliki risiko. Jika gula aren tidak dikemas dengan baik sebelum dimasukkan freezer, ada kemungkinan mengubah atau memengaruhi aroma gula aren. Lagipula freezer juga sering digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan seperti nugget, sosis, daging, ikan, dan lainnya. Untuk mencegah kontaminasi aroma sehingga menurunkan kualitas gula aren, bungkus dalam plastik kedap udara dan jangan terlalu lama disimpan di freezer.

3. Wadah kedap udara

Pentingnya menyimpan gula aren di dalam wadah kedap udara sepertinya perlu diulang beberapa kali karena gula aren mudah mencair jika ada sirkulasi udara bebas di dalam tempat penyimpanannya. Sebisa mungkin miliki stoples kaca agar tidak mudah mencair serta baunya tidak mudah mengundang semut datang. Stoples kaca lebih baik ketimbang stoples plastik karena seringkali lebih kedap udara dibanding stoples plastik. Tapi jika tak punya stoples kaca, boleh saja menggunakan stoples plastik, tapi tambahkan cengkeh atau kayu manis untuk mencegah semut datang.

4. Tempatkan di area teduh dan kering

Menyimpan gula aren juga sebaiknya memerhatikan suhunya. Jika tidak ingin cepat mencari, simpan di tempat yang teduh, kering, tidak terkena matahari langsung dan tidak terlalu panas. Begitu pula jangan menyimpan gula aren di tempat yang terlalu lembap karena rentan berjamur. Akan lebih baik lagi jika menghindari membeli gula aren terlalu banyak jika tidak segera digunakan, karena terlalu lama disimpan akan berisiko menimbulkan bau apek atau beraroma asam.

5. Hindari terkena air atau minyak

Perlu diperhatikan dan diingat, ketika ingin menggunakan gula aren sebagian, jaga tangan dalam kondisi bersih, tidak basah dan tidak terkena minyak. Karena ternyata hal ini bisa menyebabkan gula aren mudah mencair ketika dimasukkan lagi sisanya ke dalam stoples. Adanya cairan yang menetes pada gula aren bisa membuatnya cepat mencair atau meleleh.

Itu dia beberapa cara menyimpan gula aren agar tidak cepat mencair. Akan lebih baik jika beli gula aren secukupnya ketika ingin digunakan, sehingga kualitasnya terjamin baik dan baru. Gula aren juga tetap dalam kondisi harum dan padat saat akan digunakan. 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading