Sukses

Food

Tidak Perlu Asam Jawa, Begini Trik Masak Buntil Daun Pepaya Supaya Tidak Pahit

Fimela.com, Jakarta Salah satu varietas daun yang umumnya dijadikan pelengkap hidangan oleh masyarakat adalah daun pepaya. Mirip dengan jenis daun lainnya, untuk membuat daun pepaya menjadi empuk, matang, dan tidak pahit, daun pepaya harus direbus terlebih dahulu.

Untuk menghilangkan rasa pahit secara maksimal, umumnya orang menambahkan asam jawa saat merebus daun pepaya. Tetapi jika tidak tersedia asam jawa, tidak perlu khawatir karena masih ada metode alternatif yang dapat digunakan.

Metode ini disampaikan oleh seorang YouTuber dengan saluran bernama Gilbams Kitchen. Dia membagikan resep buntil daun pepaya yang enak dan tidak pahit sama sekali, yang telah dirangkum pada SeninĀ (24/6/2024).

Rebus dengan Campuran Garam dan Perasan Lemon

Mulailah dengan membersihkan daun pepaya terlebih dahulu sebelum persiapan selanjutnya. Panaskan panci hingga mencapai titik didih, lalu campurkan satu sendok teh garam dan perasan setengah buah lemon ke dalamnya. Tunggu sampai mencapai titik didih sekali lagi sebelum memasukkan daun pepaya ke dalam air yang sudah mendidih tersebut.

Cuci dan Peras Daun Pepaya Sebanyak 3 Kali

Selama tiga menit, rebus daun pepaya, kemudian angkat dan rendam dalam mangkuk besar yang berisi air bersih. Aduk rendaman dengan tangan dan peras daun pepaya hingga bersih. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Lakukan langkah ini sebanyak tiga kali.

Tumis Bumbu Sampai Harum

Pemilik kanal Gilbams Kitchen ini berencana untuk membuat buntil daun pepaya. Untuk menciptakan cita rasa yang istimewa, ia menggunakan chopper untuk menggiling bumbu-bumbu berikut:

  • Bawang putih (empat siung) dan bawang merah (lima siung).
  • Kemiri (tiga butir).
  • Jahe dan kunyit (masing-masing dua sentimeter).
  • Cabai merah besar (dua buah) dan cabai rawit (lima buah).
  • Daun jeruk (dua lembar, bagian tengahnya dibuang).
  • Gula (setengah sendok teh), garam, dan kaldu bubuk.

Setelah bumbu dihaluskan, minyak goreng (tiga sendok makan) dipanaskan dalam wajan untuk menumis bumbu tersebut hingga aromanya harum dan matang. Setelah matang, bumbu tersebut dipindahkan ke dalam mangkuk kecil untuk dicampur dengan ikan teri yang telah digoreng.

Bungkus Bumbu dengan Daun Pepaya

Ambil dua helai daun pepaya, kemudian letakkan campuran bumbu di bagian bawahnya. Lipat daun pepaya dari bagian bawah ke atas, dan rapatkan sisi-sisinya yang belum terlipat. Setelah dibungkus dengan rapi, gunakan tusuk gigi untuk menahan agar buntil tetap padat.

Masak Buntil Sampai Matang

Banyak kali, bumbu teri yang tidak dipakai sepenuhnya akan tersisa. Sisa tersebut kemudian digoreng dalam wajan bersama dengan 200 ml air dan 35 ml santan instan. Aduk hingga bumbu tersebar merata.

Kemudian, buntil dimasukkan ke dalam wajan dan dimasak sampai bumbunya meresap sempurna, lalu tutup wajan. Saat bumbu mulai mengental dan kental, itu menandakan bahwa buntil telah matang dan siap untuk disajikan.

Ā 

Buntil Daun Pepaya Itu Apa?

Asal Buntil, hidangan tradisional Jawa Tengah, Kabupaten Purbalingga, adalah campuran kelapa, teri, dan rempah yang dibungkus daun pepaya, lalu direbus dalam santan.

Merebus Daun Pepaya Agar Tidak Pahit Pakai Apa?

Merebus daun pepaya dengan garam bertujuan mempercepat penghilangan rasa pahitnya.

Berapa Lama Waktu Merebus Daun Pepaya?

Sesudah direndam dalam air garam, daun pepaya direbus selama 5-10 menit dalam air mendidih, untuk mengurangi sisa pahitnya.

Apa Manfaat dari Air Rebusan Daun Pepaya?

Daun pepaya memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk meredakan sakit tenggorokan, mengatur kadar gula darah dan tekanan darah, serta merawat kesehatan kulit.

Apakah Soda Kue Bisa untuk Merebus Daun Pepaya?

Agar daun pepaya tetap hijau, tambahkan setengah sendok teh soda kue saat merebus 300 gramnya. Gabungkan dengan daun singkong atau daun mengkudu untuk mengurangi rasa pahit. Setelah direbus, angkat dan tiriskan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading