Sukses

Food

Tanpa Bahan Tambahan, Ini Cara Supaya Nasi Tidak Cepat Kering dan Mudah Diambil

Fimela.com, Jakarta Karena dapat dengan mudah diolah dan disimpan dalam jumlah besar, tidak mengherankan bahwa nasi merupakan makanan pokok di masyarakat Indonesia.

Secara umum, masyarakat sering memasak nasi menggunakan rice cooker, meskipun ada pilihan lain seperti mengukus atau menggunakan presto.

Tetapi, ada risiko ketika nasi dimasak dengan rice cooker, yakni bisa cepat kering dan mengkerak, membuat rasanya tidak sedap lagi dan sulit diserok.

Meskipun demikian, seorang TikToker dengan akun TikTok/@sehati.homeappliances punya cara untuk mencegah nasi agar tidak cepat kering dan mengkerak, sehingga lebih mudah diserok. Bahkan, ia tidak menambahkan bahan apapun.

Jadi, bagaimana caranya? Dirangkum pada Minggu (21/04/2024), berikut penjelasannya.

Tanak Nasi Terlebih Dahulu

Pertama-tama, nasi dimasak hingga matang menggunakan rice cooker. Agar nasi tidak kering, disarankan untuk memilih beras pulen dengan tekstur yang lebih lembut.

Aduk Nasi

Setelah matang, jangan segera ambil nasi untuk dikonsumsi. Aduk nasi dengan centong terlebih dahulu agar tidak cepat basi. Setelah nasi diambil, lanjutkan dengan langkah berikutnya.

Tutup dengan Kertas

Penggunaan kertas coklat atau daun pisang untuk melapisi nasi dalam rice cooker bertujuan agar nasi dapat tetap segar.Gunakan kertas coklat yang biasa dipilih untuk membungkus nasi uduk.

Nasi Tidak Mengering dan Mengkerak Selama 24 Jam Penuh

Nasi akan tetap segar sepanjang malam karena telah dicampur dan dibungkus dengan kertas atau daun pisang. Ini membuatnya tidak mengering atau mengeras, sehingga mudah diambil dari rice cooker.

Bagaimana Caranya Biar Nasi Tidak Cepat Basi?

Masukkan beras ke dalam air, biarkan partikel-partikelnya mengendap di permukaan. Saringlah endapan itu sepenuhnya agar nasi tetap segar dan tidak berbau tak sedap. Setelah itu, basuh beras 2 hingga 3 kali hingga airnya tidak keruh.

Apa yang Membuat Nasi Cepat Basi?

Nasi bisa cepat basi jika penutup rice cooker tidak rapat. Udara akan dengan mudah masuk dan merusak kualitas serta membuatnya lembab dan basi.

Kenapa Nasi di Magicom Cepat Bau dan Basah?

Nasi dalam rice cooker bisa memiliki bau, warna kuning, dan kebasian karena beberapa faktor. Salah satunya adalah sisa nasi atau makanan yang tidak bersih di panci. Juga, penggunaan panci yang masih basah saat memasak nasi dan cara mencuci beras yang tidak benar bisa memengaruhinya.

Berapa Lama Daya Tahan Nasi?

Nasi sebaiknya tidak disimpan dalam rice cooker lebih dari 12 jam. Lebih dari itu, nasi bisa kehilangan kualitasnya, mulai dari kekeringan, perubahan warna menjadi kuning, hingga mungkin menjadi basi.

Apakah Boleh Rice Cooker Menyala Terus?

Laporan dari Kitchens Nitches menyatakan tidak perlu khawatir meninggalkan rice cooker menyala tanpa pengawasan. Alat ini secara otomatis akan mematikan atau mengatur suhu menjadi hangat setelah nasi matang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading