Sukses

Food

Resep Sambal Mangga Terasi yang Gampang Dibuat, Cocok Jadi Pendamping Menu Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Resep sambal mangga terasi bisa jadi alternatif jika kamu menginginkan cita rasa pedas menggigit, serta sensasi manis dan asam yang menyegarkan. Jenis sambal ini pun juga cocok banget untuk dijadikan pendamping berbagai menu bulan Ramadan yang begitu lezat. Meskipun perpaduan antara buah mangga dan terasi sendiri memang terbilang unik, namun di balik itu, ternyata ada daya tarik dari sambal ini yang bikin orang-orang kecanduan.

Jika kamu juga seorang pencinta sambal terasi, kabar baiknya sekarang makanan satu ini bisa dinikmati tanpa harus bersusah payah mengulek dan meracik bumbu dulu, lho. Pasalnya, sekarang sudah ada ABC Sambal Nusantara, yang dibuat dengan 100% bahan segar asli Indonesia* seperti cabai rawit merah, bawang merah, dan terasi segar asli dari Indonesia. 

Dengan cita rasa otentik yang ditawarkan, sudah pasti ABC Sambal Nusantara ini sangat cocok sebagai teman bersantap saat sahur maupun buka puasa selama Ramadan. Eitss, nggak hanya untuk pendamping menu bulan puasa saja ya, nyatanya produk sambal asli Indonesia ini juga cocok disajikan bersama menu-menu khas Lebaran, seperti opor ayam, rendang daging, lontong sayur, dan lainnya. Jadi, pastikan kamu selalu menyediakan ABC Sambal Nusantara di atas meja untuk lengkapi setiap momen bersantap!

Yup, ABC Sambal Nusantara kini menghadirkan sambal terasi ala rumahan dalam kemasan pertama di Indonesia. Dibuat secara tradisional dengan metode penggilingan manual, membuat sambal ini memiliki cita rasa otentik seperti buatan ibu sendiri di rumah. Sensasi pedasnya pun pas, sehingga nggak bikin momen menyantap hidangan tersiksa. Selain itu, aroma terasi pada ABC Sambal Nusantara pun juga nampol banget dan bikin selera makan jadi meningkat. 

Menariknya, selain terasi, ABC Sambal Nusantara pun memiliki varian lainnya yang juga nggak kalah menarik. Di antaranya seperti Sambal Rendang, Sambal Geprek, Sambal Teri, dan Sambal Hijau. Berbagai varian sambal tersebut tentunya dapat kamu pilih sebagai penyempurna menu apapun, termasuk makanan yang digoreng, ditumis, dibakar, dipanggang, atau makanan berkuah sekalipun. Tertarik mencobanya? Kamu bisa langsung saja membeli ABC Sambal Nusantara di toko terdekat atau berbagai ecommerce yang tersedia.

Bagaimana, sudah semakin tertarik untuk mencicipi cita rasa sambal mangga terasi yang menggugah selera? Yuk, simak dulu resep mudah membuat sambal mangga terasi berikut ini.

Sambal Mangga Muda Terasi

Resep sambal mangga terasi pertama yaitu terbuat dari mangga muda pilihan. Rasa asam, gurih, dan pedas yang menyatu jadi satu pastinya akan bisa memanjakan lidahmu sehabis berpuasa seharian. Cobain dulu yuk resepnya.

Bahan-bahan:

5 buah cabai rawit merah

1 sdm terasi yang sudah dibakar

2 siung bawang putih 

1 siung bawang merah

Sejumput garam

1 sdm gula

1 buah mangga muda

Cara membuat:

1. Potong memanjang tipis mangga muda yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci bersih. Kemudian, sisihkan ke sebuah wadah.

2. Siapkan ulekan. Masukkan cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, terasi yang sudah dibakar, garam, dan gula. 

3. Ulek semua bahan hingga halus dan tambahkan irisan mangga muda ke dalamnya.

4. Ulek kembali sampai mangga muda dan sambal tercampur rata. Koreksi rasa. Jika sudah pas, sajikan dengan nasi hangat dan aneka lauk yang disukai.

Sambal Mangga Terasi Khas Banjar

Resep sambal mangga terasi selanjutnya yang gampang dibuat dan cocok jadi pendamping menu bulan puasa adalah sambal terasi khas Kota Banjar. Berbeda dari sambal mangga terasi lainnya, jenis sambal ini menggunakan hampalam atau buah mangga muda khas Banjar dan memiliki penampilan lebih ‘banjir’ karena menggunakan cukup banyak air. Intip langsung resepnya, yuk!

Bahan-bahan:

8-10 siung bawang merah

4 buah cabai merah besar

1 buah cabai hijau

4 cabai rawit merah

½ bungkus terasi kecil yang sudah dibakar

1 buah mangga muda atau hampalam 

1 buah tomat

Sejumput garam, gula, dan penyedap rasa (bisa disesuaikan dengan selera)

Air matang secukupnya

Cara membuat:

1. Cuci bersih bawang merah, cabai merah besar, cabai hijau, dan cabai rawit merah. Lalu, goreng semua bahan tersebut di wajan yang panas. Jika sudah mulai layu, angkat dan pindahkan ke wadah yang bersih.

2. Kupas mangga, cuci, dan potong memanjang tipis. Kemudian, sisihkan ke wadah terpisah.

3. Siapkan ulekan dan masukkan semua bahan-bahan yang sudah digoreng tersebut ke dalamnya. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa. Giling hingga teksturnya menghalus.

4. Masukkan potongan mangga muda ke dalam ulekan. Campurkan hingga sambal merata semua.

5. Tambahkan sedikit air matang. Atau jika ingin merasakan cita rasa yang lebih nikmat, bisa pula menggunakan kuah sayur bening atau sayur lodeh. Aduk merata dan sambal mangga terasi khas Banjar siap disajikan.

Sambal Mangga Terasi ala Warung Tenda Lalapan

Resep sambal mangga terasi berikutnya yang nggak kalah sedap disajikan sebagai menu sahur dan buka puasa adalah sambal mangga terasi ala warung tenda lalapan. Sesuai namanya, sambal ini dibikin sedemikian rupa sehingga tampak seperti sambal mangga terasi yang sering dijumpai di berbagai warung tenda lalapan di pinggir jalan. Meskipun sederhana, tapi soal rasa pastinya bisa diadu. Mau tahu bagaimana cara membuatnya?

Bahan-bahan:

1 buah mangga muda

½ bungkus terasi yang sudah dibakar/digoreng

½ bulatan kecil gula merah

¼ sdt garam

6 buah cabai rawit merah

6 buah cabai merah keriting

4 siung bawang merah

1 jeruk sambal

Cara membuat:

1. Cuci bersih mangga muda, cabai rawit merah, cabai merah keriting, dan bawang merah.

2. Selain dari mangga muda, rebus semua bahan-bahan yang sudah dicuci tersebut dan tempatkan di wadah terpisah jika sudah matang.

3. Serut mangga muda. Kemudian, pisahkan di wadah terpiah. 

4. Siapkan ulekan. Masukkan semua bahan-bahan yang sudah direbus, terasi, dan garam. Haluskan semuanya dan lalu tambahkan gula merah. Ulek kembali.

5. Jika sudah halus, masukkan serutan mangga muda dan aduk hingga rata. 

6. Tambahkan perasan jeruk sambal. Jangan lupa koreksi rasa. Tada, sambal mangga terasi ala warung tenda lalapan siap disantap.

Gimana, menarik banget bukan ragam resep sambal mangga terasi yang ada di atas. Cara buatnya yang gampang dan rasanya yang enak sudah pasti bakal cocok dengan aneka ragam hidangan bulan puasa kali ini. Jadi, mana favoritmu?

*) berlaku untuk cabai rawit merah, bawang merah, dan terasi

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading