Sukses

Food

Tanpa Santan, Ini Trik Alternatif Masak Opor Ayam Agar Gurih dan Kental

Fimela.com, Jakarta Opor ayam, hidangan ini sering ditemukan dihidangkan pada saat perayaan khusus seperti Lebaran. Rasanya yang khas dan lezat menjadikan hidangan ayam ini diminati oleh banyak orang.

Namun, sayangnya beberapa orang dengan kadar kolesterol tinggi terpaksa tidak dapat menikmatinya karena opor ayam mengandung santan. Oleh karena itu, ada kekhawatiran bahwa konsumsi opor ayam dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Tetapi, kini tidak perlu khawatir lagi karena semua orang dapat menikmati opor ayam tanpa takut kolesterol meningkat. Hal ini disebabkan karena ternyata opor ayam dapat dibuat tanpa menggunakan santan. Berikut penjelasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/6/2024).

Asal Usul Opor Ayam

Menurut sebuah sumber, opor ayam adalah hasil dari perpaduan budaya masakan Arab, India, dan Cina. Menu ini terinspirasi dari kari India dan gulai Timur Tengah yang disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia.

Selain itu, opor ayam sering disantap bersama lontong, yang pada dasarnya berasal dari tradisi Cap Go Meh dari budaya Cina. Dari penyatuan kuliner lintas negara ini, terciptalah opor ayam yang sekarang menjadi salah satu menu khas Indonesia, biasanya dihidangkan pada momen perayaan Idul Fitri.

Filosofi Masakan Opor Ayam

Sering kali disajikan bersama ketupat pada saat Lebaran, menu opor ayam rupanya memiliki makna filosofis yang khas. Menurut artikel yang saya baca, penyajian opor ayam saat Lebaran melambangkan permintaan maaf.

Opor, yang biasanya dimasak dengan santan, diinterpretasikan dalam bahasa Jawa sebagai 'pangapunten', yang berarti permohonan maaf itu sendiri.

Pentingnya Mengurangi Konsumsi Santan

Apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, santan dapat merugikan kesehatan, terutama bagi individu dengan riwayat kolesterol tinggi. Kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam santan menjadi penyebab utamanya.

Oleh karena itu, disarankan bagi penderita kolesterol tinggi untuk mengurangi asupan santan sebisa mungkin, atau mencari alternatif yang lebih sehat sebagai penggantinya.

Bahan-bahan Membuat Opor Ayam Tanpa Santan

Salah satu akun YouTube dengan user Ajeng Trinovita, telah membagikan langkah-langkah memasak opor tanpa menggunakan santan di salurannya. Sebelum memulai proses memasaknya, berikut adalah daftar bahan yang harus siapkan:

Bahan halus:

  • 8 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 cm jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 4 buah kemiri yang disangrai
  • 1 sdt lada
  • Garam
  • ½ sdt jinten
  • 1 sdt penyedap rasa

Bahan Utama:

  • Ayam yang sudah dicuci bersih
  • 1,3 liter susu UHT
  • Minyak goreng

Bahan Tumis:

  • 2 batang sereh
  • 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk

Cara Memasak Opor Ayam

  1. Haluskan seluruh bahan bumbu halus
  2. Panaskan minyak goreng
  3. Setelah minyak benar-benar panas, masukkan bumbu halus, lalu tumis sampai sedikit kekuningan
  4. Tambahkan 2 batang sereh, 5 lembar daun salam, dan 5 lembar daun jeruk agar lebih aromatik
  5. Jika wangi tumisan bumbu sudah lebih keluar, masukkan ayam yang sudah bersih
  6. Aduk hingga bumbu merata ke seluruh bagian ayam
  7. Setelah bumbu merata ke ayam, tambahkan 1,3 liter susu. Takaran susu yang digunakan cukup banyak karena proses memasak ayam akan sedikit lebih lama sampai bumbu benar-benar meresap. Sehingga, tidak perlu khawatir saat diangkat kuahnya tinggal sedikit.
  8. Setelah susu ditambahkan, aduk-aduk sebentar dan diamkan selama 40 menit. 
  9. Setelah 40 menit dan sudah mendidih, matikan kompor
  10. Sajikan opor ayam dengan taburan bawang gorengOpor ayam siap dikonsumsi

Apakah Boleh Opor Ayam Dihangatkan?

Makanan bersantan seperti rendang dan opor ayam sebaiknya dihangatkan sekali.

Opor Cocok dengan Sayur Apa?

Gulai nangka, Tumis labu siam, Tumis kacang panjang, Acar kuning, Sayur pepaya muda.

Apa Ciri Khas Opor Ayam?

Hidangan ini terbentuk dari perpaduan berbagai hidangan lainnya. Jadi, apa yang membuat opor ayam begitu khas? Saat menyajikan opor ayam, komponen yang harus tetap ada selain daging ayam adalah rempah-rempah, bumbu, dan santan. Warna kuning yang mencolok dalam opor berasal dari kunyit yang ditambahkan.

Apakah Gulai dan Opor Itu Sama?

Biasanya, gulai mengandalkan kunyit dalam jumlah yang lebih besar sebagai bumbu utamanya, sedangkan kari cenderung lebih memanfaatkan cabai dan campuran rempah seperti jintan serta ketumbar. Sebaliknya, opor tidak mengandalkan rempah sebanyak gulai atau kari, sehingga citarasa gurihnya lebih mendominasi.

Apakah Opor Harus Disimpan di Kulkas?

Opor ayam dapat disimpan baik di dalam chiller maupun freezer. Di kedua tempat tersebut, opor ayam dapat bertahan sekitar tiga hari. Namun, bila disimpan di dalam freezer, opor ayam dapat bertahan lebih lama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading