Sukses

Food

Tidak Hanya dengan Dikupas, Begini Trik Bikin Nanas Anti Gatal di Lidah dan Tenggorokan

Fimela.com, Jakarta Nanas, salah satu jenis buah tropis yang sangat menggugah selera, bisa dijadikan camilan seperti pie atau strudel. Penting untuk membersihkan nanas dengan teliti, bukan hanya sekadar mengupasnya saja, mengingat banyak orang mengalami gatal-gatal di tenggorokan, bibir, atau lidah setelah mengonsumsi nanas meskipun sudah dikupas bersih.

Laporan dari Delish mengatakan bahwa gatal-gatal tersebut disebabkan oleh bromelain, enzim dalam nanas yang berperan dalam mengurai protein saat dikunyah sehingga menyebabkan sensasi gatal di lidah, bibir, atau tenggorokan.

Namun, masalah tersebut bisa diatasi dengan mengupas nanas secara benar, yang dijelaskan dalam video tutorial oleh kanal YouTube Permana Cuy. Dalam video tersebut, garam digunakan untuk menghilangkan efek gatal pada nanas.

Langkah-langkah mengupas nanas bisa dicek pada rangkuman berikut, Jumat (21/6/2024).

Kupas Nanas Hingga Bersih

Sebelum direndam dalam air garam, penting untuk mengupas nanas secara menyeluruh agar tidak tersisa kulitnya. Hal ini sangat penting agar nanas benar-benar bersih dan tidak memiliki sisa-sisa kulit yang bisa mengganggu.

Cungkil Mata Nanas

Walau umumnya tidak berisiko, lebih baik untuk membuang bagian mata pada nanas karena terdapat kemungkinan jamur dapat menempel pada area tersebut. Dalam hal yang sama, kelezatan rasa manis nanas akan lebih terasa tanpa bagian matanya.

Buat Rendaman Air Garam

Setengah dari wadah diisi dengan air, kemudian 3 sendok teh garam dituang ke dalamnya.

Peran garam di sini sangat krusial, karena mengubah rasa nanas menjadi lebih manis. Nanas memiliki rasa yang cukup kompleks secara alami. Dengan adanya garam, rasa kompleksitas nanas akan dinetralisir sehingga meninggalkan kesan manis saja.

Cuci Nanas dalam Air Garam

Setelah kulit dan mata nanas sudah dikupas, langkah berikutnya adalah mencuci nanas tersebut menggunakan air yang telah dicampur dengan garam.

Rendam nanas dalam larutan garam dan diamkan sebentar, kemudian aduk perlahan menggunakan tangan. Setelah dianggap cukup bersih, angkat nanas dari larutan dan bilas dengan air matang.

Setelah proses tersebut, nanas akan menjadi bersih secara keseluruhan dan siap untuk dikonsumsi tanpa perlu khawatir akan timbulnya sensasi gatal di tenggorokan atau pada lidah

Berapa Lama Merendam Nanas dengan Air Garam?

Dr. Choi menyatakan bahwa gatal-gatal bisa dihindari dengan menggunakan garam karena garam mampu menonaktifkan enzim bromelain. Selain itu, sedikit penambahan garam juga bisa meningkatkan kenikmatan rasa manis buah, sehingga buahnya menjadi lebih lezat.

Kenapa Makan Nanas Harus Pakai Garam?

Menurut sumber Eating Well, bromelain aktif oleh garam, sehingga saat hendak dikonsumsi, enzim tersebut telah dinetralisir. Salah satu cara simpel untuk menonaktifkan bromelain pada nanas adalah dengan merendamnya dalam air garam selama 15 menit.

Apa Manfaat Air Rendaman Buah Nanas?

Manfaat dari pemanasan air nanas ini datang dari kandungan kaliumnya. Kalium diyakini memiliki kemampuan untuk mengendurkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, bromelain dalam nanas juga memiliki sifat anti-peradangan yang dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit pada sendi.

Apa Manfaat Minum Air Nanas Hangat?

Salah satu kelebihan utama dari air rebusan nanas adalah kemampuannya untuk memperbaiki fungsi pencernaan. Bromelain dalam air rebusan nanas dapat mempercepat pencernaan makanan di dalam usus, membantu sistem pencernaan berjalan lancar, dan mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit.

Berapa Lama Nanas Bisa Disimpan?

Menurut Lies (2001), nanas segar hanya dapat disimpan selama 1 hingga 7 hari pada suhu sekitar 22℃.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading