Sukses

Food

Trik Masak Telur Bacem Agar Warnanya Coklat Sempurna, Cukup Pakai 1 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Telur yang direbus memiliki kandungan kalori yang rendah serta mengandung mineral, vitamin, dan zat besi. Dalam penelitian yang dilaporkan oleh WebMD, disebutkan bahwa konsumsi telur rebus dapat membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata, dan mengontrol kadar kolesterol.

Telur bacem, salah satu variasi dari telur rebus, memiliki rasa manis dan gurih yang khas. Biasanya disajikan sebagai hidangan tradisional Jawa bersama dengan nasi gudeg atau nasi liwet.

Warna cokelat pada telur bacem menandakan tingkat kegurihan yang lebih intens. Proses pembuatannya yang menghasilkan warna cokelat yang pekat ternyata cukup sederhana dan efisien dalam penggunaan gas.

Menurut penjelasan yang disampaikan dalam video YouTube oleh kanal Resep Erlita pada hari Rabu (5/6/2024), berikut adalah langkah-langkahnya.

Masukkan Seluruh Bahan ke Dalam Panci

Cara membuat telur bacem relatif mudah karena semua komponen dapat dimasukkan langsung ke dalam panci tanpa perlu menumbuk atau menggorengnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • 10 butir telur yang telah direbus.
  •  550 ml air kelapa.
  • 85 gram gula jawa.
  •  3 siung bawang putih dan 6 siung bawang merah, iris tipis.
  • 1 sendok makan air asam jawa.
  • 1 batang serai, 2 kantong teh hitam, lengkuas ukuran besar, 3 lembar daun salam.
  • 2 sendok makan gula pasir.
  •  3 sendok makan kecap manis.
  •  2 sendok teh garam dan 1 sendok teh kaldu jamur.

Pastikan setiap komponen tersedia dan dimasukkan ke dalam panci sesuai urutan di atas.

Ternyata, rahasia telur bacem yang berwarna coklat pekat terletak pada penggunaan kantong teh hitam. Gula juga diperlukan untuk memberikan rasa manis yang khas.

Masukkan Garam dan Kaldu Jamur

Setelah semua bahan dimasukkan ke dalam panci sesuai urutan, aduk-aduk sedikit agar tercampur merata.

Tambahkan 2 sendok teh garam dan 1 sendok teh kaldu jamur ke dalam panci. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan jenis kaldu lain sesuai selera.

Aduk kembali agar garam dan kaldu meresap dengan baik. Meskipun opsional, penggunaan garam dan kaldu disarankan untuk menyeimbangkan rasa manis.

Masak Hingga Mendidih

Nyalakan kompor dan tunggu hingga air mendidih, ditandai dengan sedikit menyusutnya air dan perubahan warna menjadi kecoklatan.

 Setelah mendidih, matikan kompor dan buang 2 kantong teh hitam yang telah dimasukkan. Ini penting agar telur tidak memiliki rasa pahit.

Tunggu Sampai Pagi

Setelah membuang kantong teh, tutup panci rapat dan biarkan semalaman tanpa menyalakan kompor. Tujuannya agar bumbu meresap ke dalam telur dan menghasilkan warna coklat pekat.

Telur bacem biasanya disantap sebagai sarapan pagi. Disarankan untuk memasaknya pada malam hari agar siap untuk dinikmati pagi harinya.

Masak Lagi Hingga Mendidih

Setelah menunggu semalaman, telur akan berwarna coklat pekat. Buka panci dan rebus kembali hingga mendidih agar telur matang sempurna.

Setelah mendidih, matikan kompor dan angkat telur. Telur bacem berwarna coklat pekat siap disajikan. Jangan buang sisa airnya, karena bisa disimpan di kulkas untuk membuat telur bacem lainnya.

Apakah Merebus Telur Menggunakan Air Garam?

Dengan menambahkan sedikit garam ke air rebusan telur, bagian putih telur akan mengental dengan baik dan proteinnya akan berkoagulasi secara sempurna. Efek kimia dari garam juga membantu mencegah retakan pada cangkang telur dengan membantu putih telur menutupi retakan tersebut.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Merebus Telur Puyuh?

Umumnya, telur puyuh memerlukan waktu sekitar lima menit untuk matang secara sempurna.

Berapa Lama Waktu Merebus Telur agar Matang Sempurna?

Setelah delapan menit, telur akan memiliki putih keras dengan kuning telur yang matang sempurna tetapi masih sedikit lengket dan berwarna keemasan. Setelah sepuluh menit, putih telur akan mengeras lebih banyak dengan kuning telur yang lebih pucat dan kental, dengan kelembutan di bagian tengahnya. Dalam waktu dua belas menit, putih telur akan keras dengan kuning telur yang hampir matang sepenuhnya.

Mengapa Telur Dikasih Garam?

Saat air di dalam gelas ketiga mencapai tiga perempat kapasitasnya dan ditambahkan enam sendok makan garam, telur akan mengapung. Garam meningkatkan densitas air, mencegah telur tenggelam.

Apakah Saat Merebus Telur Harus Ditutup?

Panci diletakkan di atas kompor dan telur dimasak dengan api besar hingga air mulai bergolak. Tidak perlu menutup panci saat merebus telur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading