Sukses

Food

Resep Wedhang Secang untuk Kebahagiaan dan Kesehatan

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Wedang secang merupakan minuman khas Indonesia, terutama dari Jawa. Bahan utama minuman ini adalah secang (Caesalpinia sappan), sejenis tanaman yang tumbuh di Asia Tenggara. Secang memiliki warna merah pada serat kayunya yang membuat minuman ini berwarna merah juga.

Untuk membuat wedang secang, secang dipotong-potong kecil, lalu dimasak dalam air bersama dengan bahan lainnya. Bahan-bahan yang biasanya ditambahkan adalah jahe, kayu manis, dan gula aren untuk memberi rasa manis pada minuman ini. Setelah dimasak, airnya disaring untuk mendapatkan wedang secang yang siap diminum.

Banyak orang percaya bahwa wedang secang bermanfaat untuk kesehatan, misalnya untuk memperlancar aliran darah, mengurangi radang, dan menenangkan pikiran. Selain itu, warna merah yang alami dari secang membuat minuman ini terlihat menarik. Wedang secang biasanya diminum sebagai minuman panas, apalagi saat cuaca sejuk atau untuk menyegarkan badan. Intip resep mudah membuat wedang secang yang perlu kamu tahu:

Resep Wedhang Secang

Bahan-bahan:

  • 1 genggam serpihan kayu secang.
  • 2-3 cm jahe, memarkan.
  • 2 batang kayu manis.
  • 2 liter air.
  • Gula aren secukupnya (sesuai selera).
  • Jeruk nipis secukupnya (opsional).

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih kayu secang yang sudah dipotong-potong kecil di bawah air yang mengalir untuk membersihkan debu atau kotoran yang mungkin menempel.
  2. Masak kayu secang, jahe, dan kayu manis dalam 2 liter air. Didihkan selama sekitar 30-45 menit sampai warna dan rasa dari kayu secang larut ke dalam air.
  3. Masukkan gula aren sesuai keinginan. Aduk sampai rata dan didihkan kembali sampai gula larut dan minuman tercampur dengan sempurna.
  4. Kemudian, saring airnya untuk membuang kayu secang, jahe, dan kayu manis. Biarkan hingga wedang secang agak dingin.
  5. Hidangkan wedang secang selagi hangat. Kamu juga bisa menambahkan air jeruk nipis sesuai keinginan untuk memberikan rasa segar pada minuman ini.
  6. Wedang secang siap disantap!

Jangan lupa untuk mencoba dan menambahkan gula atau bahan lain sesuai dengan selera. Selamat menikmati!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading