Sukses

Food

Intip Rahasia Membuat Bolu Kukus Anti Bantat, Dijamin Lembut dan Mekar Sempurna

Fimela.com, Jakarta Punya rencana untuk membuat bolu kukus dalam waktu dekat? Camilan ini memang merupakan makanan sejuta umat yang enak dan dapat dibuat sendiri di rumah. Rasa manis serta tekstur lembut yang ditawarkan pun mampu membuat lidah siapapun bergoyang. Nggak heran, jika dari anak-anak sampai orang tua enggan untuk menolak kenikmatannya.

Bolu kukus sendiri pada dasarnya dapat dibuat dengan resep yang mudah. Walau begitu, semudah-mudahnya resep tersebut, pasti ada saja risiko bolu bantat dan nggak berhasil mekar sempurna. Nah, biar bisa menghindari risiko tersebut, kamu bisa kok mencoba beberapa tips mudah ini. Berikut tips mudah bikin bolu kukus yang anti bantat, mekar sempurna, dan bertekstur lembut. 

1. Pilih Jenis Telur yang Berukuran Sedang

Untuk mendapatkan bolu kukus anti bantat dan mekar sempurna, maka hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah memilih jenis telur yang tepat. Telur yang dimaksud ini haruslah berukuran sedang atau memiliki berat sekitar 50 gram setelah terlepas dari cangkangnya. 

Pemakaian telur yang besar dan banyak pada dasarnya mampu membuat tekstur bolu jadi lebih lembut. Tapi, ketahuilah bahwa hal ini kurang baik dilakukan, karena dapat membuatnya menjadi bantat dan nggak mengembang.

2. Pakai Tepung Terigu Protein Sedang

Ketika hendak membuat bolu kukus, pastikan jika kamu memakai tepung terigu berprotein sedang, ya. Jenis tepung seperti ini diyakini menjadi bahan yang paling tepat untuk membantu bolu kukus agar mekar merekah dan nggak bantat. Tapi dalam memilih terigu protein sedang, sebaiknya cari yang masih bagus, baru, serta nggak bau apek. 

3. Kocok Gula dan Telur Sampai Mengembang Sempurna

Tips membuat bolu kukus anti bantat selanjutnya bisa diupayakan dengan mengocok gula dan telur sampai mengembang sempurna. Campur gula, telur, dan vanilla dalam satu wadah bersih. Setelah itu, mixer sampai mengembang dan bertekstur kental. 

Jangan lupa untuk menambahkan emulsifier ke dalam campuran dan mixer lagi sampai benar-benar rata. Setelah sudah mencapai tekstur yang diinginkan, masukkan tepung, minyak, air, atau bahan lainnya dan aduk sampai tercampur rata menggunakan spatula biasa. 

4. Isi Cetakan dengan Adonan Hingga Penuh

Setelah adonan jadi, masukkan ke dalam cetakan dan isi sampai penuh. Tujuan melakukan ini adalah agar bolu kukus yang dimasak bisa mekar sempurna dan tentunya nggak gagal. Perhatikan pula jarak antar cetakan. Kamu bisa memberi jarak yang cukup atau nggak berdempetan supaya adonan bisa mekar merekah.

Tapi sebelum itu, panaskan terlebih dahulu panci kukusan dengan api besar dan jangan lupa lapisi penutup lapian dengan serbet bersih. Jika dirasa sudah cukup panas, masukkan adonan bolu ke dalam kukusan dan tutup hingga matang.

Well, itulah beberapa tips mudah yang bisa dicontoh agar bolu kukus yang dimasak nggak berujung bantat dan justru mekar sempurna. Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan kamu dapat berhasil membuat bolu kukus yang anti bantat. Selamat mencoba, dan semoga hasilnya memuaskan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading