Sukses

Food

Tips Memilih Menu Rendah Kolesterol untuk Merayakan Tahun Baru

Fimela.com, Jakarta Tahun baru menjadi momen yang dinantikan oleh setiap orang karena dapat berkumpul sembari membicarakan pencapaian yang telah dicapai hingga harapan untuk tahun selanjutnya. Kebanyakan ketika tahun baru orang-orang akan berkumpul bersama keluarga untuk menyantap makan malam dan menunggu kembang api untuk menyambut kemeriahan tahun baru.

Secara umum, tuan rumah akan menyajikan menu makan malam yang digemari oleh keluarga. Dalam masyarakat luar, mereka punya menu tersendiri yang rutin disajikan ketika tahun baru. Contohnya masyarakat Jepang sering makan soba ketika tahun baru. Sedangkan di Denmark dan Norwegia, masyarakat setempat juga menyajikan kransekage atau kue yang ditumpuk membentuk menara. 

Akan tetapi, memilih menu untuk tahun baru memiliki pertimbangan tersendiri. Tuan rumah harus menyesuaikan dengan lidah dan kesukaan keluarga. Belum lagi pantangan serta anjuran yang disarankan jika anggota keluarga memiliki pantangan terhadap makanan tertentu seperti kolesterol misalnya. Alternatif harus disediakan agar dapat menikmati tahun baru dengan nyaman.

Untuk itu FIMELA merangkum tips memilih menu tahun baru yang cocok untuk keluarga serta memberikan resep Chicken Marbella yang cocok untuk disantap pada saat tahun baru. Informasi yang dilansir dari Master Class dan Food Network ini dapat membantumu untuk menciptakan kemeriahan tahun baru yang maksimal! 

Tips memilih menu untuk Tahun Baru

Pilih tipe menu dengan rasa seasonal: Karena merupakan acara tahun baru yakni acara yang dekat dengan momen liburan, sebaiknya pilih menu dengan citarasa yang seasonal seperti cranberry, maple, hingga kayu manis untuk hidangan pencuci mulut ketika tahun baru. 

Mempertimbangkan pantangan makanan: Pastikan momen tahun barumu disiapkan dengan baik. Kamu juga dapat memastikan bahan-bahan yang termasuk dalam patangan makanan jika ada tamu maupun keluarga yang memiliki ketentuan tersendiri dalam makan misalnya pengidap kolesterol. Kamu bisa menyediakan opsi vegetarian hingga bebas gluten dalam menu. 

Pilih makanan berdasarkan tipe makan malam: Jika kamu berencana untuk mengadakan penjamuan makan malam, pilih beberapa makanan (Mulai dari pembuka, salad, makanan utama, hingga makanan penutup). Namun jika kamu ingin para tamu lebih bebas untuk mengobrol, kamu dapat mempertimbangkan untuk menyajikan finger food dan pembuka lainnya. 

Jangan lupa sertakan minuman yang menggambarkan keceriaan tahun baru: Agar tahun baru semakin berkesan, kamu dapat memilih opsi minuman seperti cocktail dengan rasa Gin Fizz maupun cranberry. 

Instant Pot Chicken Marbella

Bahan-bahan

  • Paha ayam secukupnya 
  • Garam kosher dan lada hitam bubuk secukupnya 
  • 1 sendok teh minyak zaitun
  • 3 buah bawang putih, cincang halus
  • 1/2 cup aprikot kering, bagi menjadi 2 bagian 
  • 1/2 cup zaitun kalamata 
  • 1/4 cup cuka pengganti white wine
  • 2 sendok teh kaper bubuk 
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 1/2 sendok teh oregano kering 

Cara membuat

  • Panaskan pot selama 5 menit, di tempat terpisah, beri garam dan lada pada kedua sisi paha ayam kemudian tambahkan minyak zaitun pada pot dan masukkan ayam. Masak hingga berwarna kecokelatan selama 6 sampai 8 menit. Balik sisi ayam kemudian masak kembali hingga kecokelatan kurang lebih 4 sampai 6 menit. Sisihkan ke sebuah piring. 
  • Pada pot bekas ayam tadi, tambahkan bawang putih dan tumis hingga berwarna sedikit kecokelatan selama 1 menit. Kemudian tambahkan aprikot, zaitun, cuka, kaper, gula merah, oregano, dan 1/3 cup air. Aduk hingga tercampur, gunakan sendok atau spatula untuk mengangkat bagian kecokelatan pada bawah pot. Matikan pot dan pinggirkan bagian zaitun dan aprikot untuk jadi bagian ayam. Masukkan ayam ke dalam bagian tersebut.
  • Setelah itu ikuti petunjuk dari pot tadi dan atur pressure cook menjadi tinggi dengan durasi waktu 10 menit. 
  • Setelah selesai, ikuti oetunjuk dari pot tadi dan tunggu hingga selesai. Hati-hati dalam sisa cairan, buka bagian pot dan angkat. Taruh ayam ke dalam piring saji kemudian zaitun dan aprikot ke sekitaran ayam. Kemudian tutup dengan alumunium foil agar hangat. 
  • Set pot menjadi normal saute kemudian masak bagian sausnya hingga thick dan berkurang sebagian selama 6 hingga 8 menit. Kemudian tuang sausnya di atas ayam dan sajikan. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading