Sukses

Food

Berikut Cara Membuat Getuk Pisang Manis dan Sederhana

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Getuk salah satu cemilan yang biasanya terbuat dari singkong, ubi dan sukun. Namun pernah nggak sih kepikiran untuk membuat getuk dari pisang? Nah kali ini kita akan membuat getuk dari pisang dan akan menjadi salah satu bahan dasar pembuatannya. Hal ini yang akan membedakan getuk pisang dari getuk lainnya.

Pisang sendiri salah satu buah yang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tidak hanya dapat dinikmati secara langsung ternyata buah pisang juga dapat dijadikan cemilan manis dan sederhana.

Getuk pisang merupakan olahan pangan khas Kota Kediri yang memiliki cita rasa dengan aroma khasnya. Getuk pisang sendiri tidak kalah dengan getuk yang biasa kita temukan dipasaran, karena getuk pisang dapat terbilang jarang di jual pasaran. Karena itu untuk mendapatkannnya kamu harus membuatnya sendiri di rumah. Jangan khawatir untuk proses pembuatan getuk pisang ini sangat sederhana dan mudah, serta bahan yang diperlukan juga sangat praktis. Berikut cara membuat getuk pisang:

Bahan Makanan :

  • 5 buah pisang tanduk
  • 25 gram tepung sagu
  • ½ sendok the garam
  • 50 gram tepung beras
  • 125 gram gula merah
  • 100 ml santan yang diambil dari ½ butir kelapa.

Bahan Membungkus

  • Daun Pisang secukupnya
  • Lidi secukupnya

Cara Membuat Getuk Pisang

  1. Siapkan pisang kemudian kupas pisang.
  2. Siapkan alat untuk mengukus, kemudian kukus pisang yang sudah disiapkan tunggu sampai matang atau empuk.
  3. Haluskan pisang yang sudah dikukus dan tambah dengan gula merah.
  4. Siapkan menyiapkan wadah, masukkan pisang yang sudah dikukus kedalam wadah tersebut.
  5. Dapat menambahkan bahan-bahan yang lain seperti garam, gula merah, tepung beras dan tepung sagu. Kemudian tuangkan santan dan aduk hingga merata.
  6. Siapkan daun pisang yang sudah di bersihkan, bungkus adonan dengan menggunakan daun pusang. Bentuk lonjong sekitar 4 cm dan sematkan lidi diujung-ujungnya agar tidak terlepas.
  7. Siapkan alat untuk mengukus, jika sudah siap dapat kukus adonan yang sudah dibungkus selama kurang lebih 45 menit atau sampai benar-benar matang.
  8. Jika sudah matang, kamu bisa mengangkatnya dan mendinginkan terlebih dahulu. Kemudian bisa potong-potong dan sajikan di atas piring.

Namun getuk pisang akan lebih lezat jika ditemani oleh teh hangat. Jika kamu ingin memberi variasi dengan getuk pisang dapat menambahkan beberapa bahan-bahan pelengkap lainnya sesuai dengan selera, kamu juga dapat menghidangkan getuk pisang dengan taburan seperti getuk lainnya. Selain kelapa parut kamu juga dapat menambahkan taburan parutan keju maupun cokelat. Itulah cara membuat getuk pisang yang lezat dan sederhana.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading