Sukses

Food

5 Resep Dapur Rumahan untuk Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh

Fimela.com, Jakarta Penyakit asam urat merupakan kondisi ketika kadar asam urat di dalam darah terlalu banyak sehingga menyebabkan peradangan atau pembengkakan pada sendi yang menimbulkan munculnya rasa nyeri. Penyakit ini memengaruhi berbagai bagian tubuh seperti telinga, pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, dan sendi-sendi kecil di tangan. 

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh biasanya menyebabkan asam urat, tetapi beberapa penyebab lain termasuk kurang olahraga, konsumsi alkohol dalam jumlah besar, stres, asupan protein yang berlebihan, dan genetika.

Mengobati asam urat dapat dilakukan dengan obat-obatan medis atau dapat juga dicoba dengan pengobatan rumahan dengan bahan-bahan dapur. Lima bahan dapur ini dapat membantu untuk meredakan penyakit asam urat.

Ceri

Mengutip K Health, jus ceri adalah obat rumahan yang populer untuk asam urat. Menurut sebuah penelitian dari tahun 2011, minum delapan ons jus ceri asam 100% setiap hari selama empat minggu dapat secara signifikan menurunkan jumlah asam urat dalam darah seseorang.

Ceri juga mengandung senyawa antosianin yang secara alami bersifat anti-inflamasi dan dapat meringankan pembengkakan yang terkait dengan asam urat. Untuk mencegah kambuhnya asam urat dengan ceri, direkomendasikan untuk makan segenggam ceri asam atau minum segelas jus ceri asam setiap hari.

Jahe

Jahe dikenal dapat membantu pencernaan dan meredakan mual, tetapi juga dapat membantu mengatasi peradangan, termasuk asam urat. Salah satu penelitian lain yang menyimpulkan bahwa mengoleskan jahe sebagai pasta atau kompres pada asam urat yang kambuh dapat mengurangi rasa sakit. 

Cara membuat kompres jahe sendiri juga relatif mudah. Rebus satu sendok makan jahe parut segar, lalu rendam kain bersih dalam campuran tersebut dan tempelkan pada sendi yang sakit setelah dingin selama 30 menit.

Apel

Memakan apel dapat membantu menurunkan kadar asam urat secara alami dan bisa mencegah serangan asam urat. Hal ini karena apel mengandung serat yang tinggi, sehingga akan menyerap asam urat dari aliran darah sehingga tubuh dapat menghilangkannya.

Apel juga mengandung asam malat, yang dapat menetralkan efek negatif asam urat yang sudah ada di dalam tubuh. Untuk mengurangi kemungkinan serangan asam urat, hindari untuk diolah sebagai jus, yang sering kali mengandung tambahan gula yang dapat memiliki efek sebaliknya pada kadar asam urat. Ditambah lagi, jus tidak mengandung serat dari apel seihingga akan menghilangkan zat yang bermanfaat untuk asam urat.

Seledri

Seledri adalah bahan dapur yang secara tradisional digunakan untuk mengobati masalah kemih. Untuk asam urat, ekstrak dan biji sayuran ini telah menjadi pengobatan rumahan yang umum.

Melansir dari Healthline, diperkirakan seledri dapat mengurangi peradangan. Cobalah untuk memakan seledri beberapa kali sehari, terutama bagian batang seledri mentah, jus, ekstrak, atau biji.

Pisang

Pisang dalam jumlah sedang dapat membantu mencegah asam urat karena mengandung kadar kalium yang tinggi. Kalium merupakan mineral yang dibutuhkan organ tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Pisang juga mengandung cukup banyak serat, yang dapat membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Mengonsumsi satu buah pisang per hari sudah cukup untuk pengobatan asam urat. Justru memakan terlalu banyak pisang dapat memicu asam urat karena pisang mengandung fruktosa, yang dalam jumlah besar akan menghilangkan manfaat baiknya. 

Rebusan Daun Apa yang Bisa Mengobati Asam Urat

Rebusan daun salam diketahui dapat mengatasi asam urat secara herbal.

Makanan Apa yang Bisa Menurunkan Asam Urat dengan Cepat?

Makanan penurun asam urat yang aman untuk dimakan antara lain pisang, ceri, air putih, teh hijau, dan makanan yang kaya serat.

Bagaimana Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Obat?

Untuk mengobati dan menurunkan asam urat hindari minuman beralkohol dan batasi frekuensi konsumsi makanan yang mengandung gula serta purin. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading