Sukses

Food

Tips Merebus Sayur agar Tetap Bernutrisi dan Gurih

Fimela.com, Jakarta Sayuran menjadi salah satu sumber vitamin yang dapat membuat tubuh menjadi mudah sehat serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Apalagi saat ini sudah banyak sekali pengolahan sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan. Berbagai macam gaya makan sayuran seperti Tiffany Plate misalnya menjadi daya tarik bagi masyarakat agar memiliki tubuh yang sehat. 

Berbagai macam teknik pengolahan sayur mulai diperkenalkan dan semakin populer hingga saat ini. Salah satu teknik untuk mengolah sayur yang terkenal adalah merebus. Dengan merebus sayur, sayur akan menjadi lebih lunak dan mudah untuk dimakan. 

Akan tetapi tahukah kamu merebus sayur tidak dapat dilakukan secara sembarangan sebab dapat menghilangkan sebagian nutrisi yang terkandung di dalamnya? Lantas butuh waktu berapa lama dan tips serta cara seperti apa yang digunakan untuk merebus sayur dengan aman tanpa harus menghilangkan nutrisi dan rasa gurih? Berikut informasinya yang dirangkum dari UCF Health. 

Sayuran beku di supermarket VS Sayuran segar di pasar

Sebelum merebus tentu saja kamu harus membeli dan menyimpan sayuran terlebih dahulu. Menyimpannya bisa menggunakan kertas koran atau menggunakan wadah plastik dan ditaruh di dalam kulkas untuk memastikan sayuran lebih fresh dan siap digunakan. Sayuran yang kamu beli juga pastinya beragam dan sesuai dengan kebutuhan juga kamu bisa memilih sayuran segar di pasaran atau memilih sayuran beku atau frozen vegetable yang tidak kalah terjangkau.

Akan tetapi masih menjadi perdebatan apakah sayuran yang tersimpan di kulkas beku tidak sesehat sayuran segar. Kamu jangan khawatir sebab sayuran beku juga tidak kalah sehatnya. Dilansir melalui UCF Health, nutrisi dalam sayuran beku tidak kalah sehatnya karena mereka diolah serta tersimpan dengan baik, hal inilah yang menyebabkan sayuran beku sering menjadi rekomendasi untuk olahan masakan sehat. 

Faktor lain mengapa sayuran beku ini juga disukai oleh berbagai kalangan masyarakat karena sangat efektif untuk digunakan sesegera mungkin, artinya time preparation jauh lebih efisien. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau dan mudah sekali didapatkan. Dari penjelasan di atas baik sayuran beku maupun sayuran segar di pasaran juga sama-sama memiliki nutrisi sehat yang sama.

Tips merebus sayuran agar tetap gurih dan terjaga nutrisinya

Untuk merebus sayuran beku, kamu bisa siapkan 2 cup air untuk merebus dan tuang ke dalam pot atau panci, tambahkan sayur yang ingin kamu rebus lalu tutup dan biarkan selama 5 sampai dengan 7 menit. Jangan lupa atur api dengan api kecil agar nutrisi tetap terjaga.

Untuk cita rasa yang lebih baik, kamu bisa tambahkan garam pada air mendidih sebelum memasukkan sayuran ketika kamu merebus air. Ingat juga waktu terbaik untuk merebus hanyalah 5 sampai dengan 7 menit karena jika terlalu lama kandungan nutrisi pada sayur akan menghilang. 

Dengan cara ini kamu bisa merebus sayuran tanpa perlu mengkhawatirkan kandungan nutrisi yang hilang serta dapat memiliki citra rasa gurih yang tetap terjaga. Sayuran rebus yang sehat bisa kamu nikmati. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading