Sukses

Food

Resep Tori Kiru yang Rendah Garam dari Chef Hideki Fujiwara

Fimela.com, Jakarta Merayakan Hari Jadi ke 54 pada bulan Juli 2023, PT Ajinomoto mengadakan acara “Umami Festival” 2023, bekerja sama dengan ABC Cooking Studio. Dengan mengundang  Executive Chef Fukoro Dining Jakarta, Hideki Fujiwara yang membagikan langsung cara memasak menu Tori Jiru. 

Menu otentik Jepang ini yang menggunakan bahan pangan sumber rasa umami seperti kombu dashi, ayam, jamur, miso, dan MSG. Dan rendah garam.

“Melalui event kali ini, kami ingin memberikan pengalaman langsung bagaimana memasak dengan konsep Bijak Garam kepada para members dari ABC Cooking Studio. Berbeda dengan kegiatan edukasi yang biasa kami lakukan, kami harapkan dengan pengalaman praktek langsung ini, bisa membantu para masyarakat urban yang sibuk, bisa tetap menjaga kesehatan mereka melalui asupan gizi seimbang yang lezat, sambil menurunkan asupan garamnya dengan memasak menu praktis,” ungkap Grant Senjaya, Head of Corporate Communications Dept PT AJINOMOTO INDONESIA.

Sakinah – Nutrition & Education, Corporate Communications Dept PT AJINOMOTO INDONESIA, mengatakan selama ini ada empat rasa dasar yang sudah lebih familiar kita ketahui, yakni manis, asin, pahit, asam. Dan yang terakhir ditemukan rasa dasar ke lima yang adalah umami atau gurih, ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Jepang yaitu Dr. Kikunae Ikeda. 

"Dalam sensory test session kali ini, teman-teman dapat merasakan umami yang muncul dominan di akhir (after taste) ketika mencicipi tomat cherry, dan rasa umami yang muncul di awal (instant taste) melalui keju. Garam jika dikonsumsi berlebihan dapat memunculkan berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, gagal jantung, diabetes, dan lain lain. Menurut WHO, anjuran konsumsi aman harian garam adalah kurang dari 5gram per orang,” papar Sakinah

Berikut resep Tori Jiru

Bahan:

Minyak wijen 1 sdm

Burdock 150g

Garam dan lada hitam bubuk Secukupnya

Paha ayam 350g

Lobak daikon 200g

Wortel 100g

Jamur sesuai selera 200g

Kaldu dashi

Miso Sekitar 6 sdm

Kecap asin kikkoman halal 1 sdm

Mirin kikkoman halal 2 sdm

Ajinomoto 1/4 st

Bawang putih 2 siung

Jahe 10g

Daun bawang besar 2 batang

Shichimi ( bubuk cabe jepang) sesuai selera

Resep Air dashi:

Air 1 L

Kombu dry 10 g

Katsuobushi 15 g 

Langkah Memasak:

 

• Buat dashi terlebih hadulu de ngan menyiapkan panci dan masu kkanair lalu rebus konbu masak dengan suhu 60-70⁰C selama 30 menit (jangan sampai mendidih)

• Setelah 30 menit angkat konbu, panaskan air hingga mendidih lalu masukkan katsuobushi, matikan segera kompor lalu tunggu  lima menit, lalu sisihkan

• Potong-potong sayur burdock, lobak, dan wortel,daun bawang, bawang bombay, dan dada ayam

• Marinasi ayam dengan garam dan lada

• Panaskan wajan tambahkan minyak wijen, masukkan burdock dan ayam tumis  burdock dan ayam hingga burdock berubah warna kecoklatan dan minyak ayamnya keluar

• Masukkan wortel, lobak, bawang bombay, dan jamur lalu tambahkan MSG AJI-NO-MOTO® dan air lalu kukus hingga matang

• Sayur matang tambahkan dashi, miso, bawang putih dan jahe parut, rebus 1 menit lalu tambahkan daun bawang kemudian sajikan.

 

Chef Hideki mengatakan umami memiliki peran sangat penting dalam masakan, karena bisa menambahkan rasa gurih yang membuat makanan memiliki rasa yang kaya (rich taste). 

 

“Memanfaatkan umami, konsep Bijak Garam dari Ajinomoto sangat bagus sekali untuk menjaga kesehatan.” ujarnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading