Sukses

Food

Resep Nasi Tim yang Gurih dan Praktis

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Nasi tim, juga dikenal sebagai "nasi timbel" dalam beberapa dialek dan budaya, adalah hidangan nasi yang dikukus atau direbus bersama dengan berbagai bahan tambahan seperti sayuran, daging, ikan, atau bumbu-bumbu. Nasi tim, menghasilkan nasi yang lembut dan harum dengan cita rasa bumbu dan bahan tambahan yang tercampur dalam setiap suapannya.

Nasi tim bisa disiapkan dengan berbagai variasi bahan dan bumbu, tergantung pada preferensi masing-masing.  Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan lauk tambahan seperti sambal, ikan asin, atau krupuk.

Nasi tim memiliki ragam variasi di seluruh Indonesia, dan tiap daerah memiliki ciri khas sendiri dalam cara menyajikan dan bahan yang digunakan. Hal ini mencerminkan keragaman budaya dan kuliner Indonesia yang kaya. Ini dia resep membuat nasi tim ala rumahan yang dapat kamu coba:

Resep Nasi Tim

Bahan-bahan:

  • 2 cangkir beras.
  • Air secukupnya untuk merendam beras.
  • Bahan lauk seperti ayam, ikan, tahu, tempe, atau sayuran sesuai selera.
  • Bumbu-bumbu seperti daun salam, lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih, cabai (sesuai selera), garam, dan penyedap rasa (opsional).
  • Daun pisang atau kertas daur ulang untuk membungkus nasi.

Cara Membuat:

  1. Langkah pertam rendam beras dalam air, lalu tiriskan. Kemudian siapkan lauk-pauk yang ingin disajikan, seperti potongan kecil ayam atau irisan tahu dan tempe. 
  2. Siapkan irisan bawang merah dan bawang putih, siapkan bumbu lain seperti daun salam, lengkuas, serai, dan cabai lalu panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. 
  3. Kemudian tambahkan bumbu lainnya seperti daun salam, lengkuas, dan serai tumis hingga harum. 
  4. Tambahkan lauk pauk yang sudah disiapkan, tumis hingga berubah warna dan matang dan tambahkan garam atau penyedap rasa. 
  5. Bungkus nasi dan lauk dengan rapi menggunakan daun pisang, lalu kukus nasi hingga matang atau memberikan aroma yang harum. 
  6. Lalu buka bungkus nasi tim, letakkan nasi dan lauk di atas piring. 
  7. Sajikan nasi tim selagi hangat.

Nasi tim siap disantap sebagai hidangan utama yang lezat dan lembut. Anda bisa menyesuaikan resep ini dengan lauk dan bumbu sesuai selera Anda. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading