Sukses

Food

Diary Fimela: Bersama Mama, Celine Mendirikan Mulai Fokus Dengan Bisnis Bakpao, Homemade Pao Pao

Fimela.com, Jakarta Berdiri sejak April 2023, Homemade Pao Pao ini dilatarbelakangi oleh pandemi yang membuat Celline akhirnya memutuskan untuk mendirikan bisnis bakpaonya. Walau mungkin sebagian besar bisnis merasa bahwa pandemi justru membuat kerugian, berbeda untuk Celline yang merasa bosan karena hanya di rumah saja dan ingin menjadi lebih produktif. 

Melihatnya ada kesempatan dari waktu luang yang tersedia, Celline berpikir untuk melakukan hal yang lebih produktif dan tidak hanya menonton drakor saja sehingga akhirnya ia memutuskan untuk mendirikan bisnis bakpaonya yaitu Homemade Pao Pao. Pemilihan bakpao sendiri sebagai produknya karena mamanya yang memiliki keahlian untuk membuat produk tersebut.

Berawal dari hal tersebut, akhirnya Celline memutuskan untuk memfokuskan bisnisnya dengan membuka pre-order dan ternyata mendapat respon baik sehingga terus berkembang hingga saat ini dan sudah hampir 3 tahun dengan varian rasa yang beragam dan inovasi baru yang diciptakan untuk membuat Homemade Pao Pao semakin dikenal di masyarakat.  

 

Bakpao Halal yang dapat di custom

Homemade Pao Pao sendiri pemilihan kata homemade dipilih karena dibuat di rumah dan keinginan Celine memiliki makanan yang fresh dan sehat, sedangkan pao pao sendiri penyesuaian dari bakpao dan agar tidak sama dengan brand lainnya. 

Dengan bermodalkan uang yang sangat minim karena keisengannya, tetapi hingga kini Homemade Pao Pao dapat menjual perharinya 70 hingga 100 produk per harinya dan untuk yang ulang tahun sekitar 2 hingga 3 set. Dengan begitu, Celine juga mengakui bahwa Homemade Pao Pao sendiri sampai saat ini masih berfokus pada penjualan bakpao yang telah berinovasi seiring berjalannya waktu dengan kreasi gambar-gambar karakter. Oleh karena itu, penjualan produk lainnya belum terpikirkan oleh Celline. 

Homemade Pao Pao hadir sebagai menjadi jawaban bagi para pembeli yang mencari bakpao halal karena dilihat oleh Celine pada lingkungan sekitarnya, sebagian besar penjualan bakpao non halal yang mengandung daging babi sehingga ia menjual produk bakpao halal. Homemade Pao Pao juga menyediakan sistem custom untuk gambar karakter untuk para pembelinya sehingga penjualan yang dilakukan tidak berbentuk paketan dengan harga yang telah tersedia. Dua hal tersebut, tentu menjadi pembeda bagi Homemade Pao Pao dengan bisnis bakpao lainnya. 

Tantangan pasti ada

Walau pandemi menjadi awal baik untuk Celine mendirikan bisnisnya, tetapi bukan berarti ia tidak mengalami rintangan. Sama hal dengan bisnis pada umumnya juga, Celiine pun turut mengalami beberapa tantangan dalam menjalani bisnis Homemade Pao Pao seperti saat di awal membangun bisnis ini, Celine masih perlu memodifikasi resepnya. Hal tersebut, diperlukan karena melihat percobaan baking yang gagal walau menggunakan resep yang sama. Namun, dari situ, Celine belajar untuk lebih memahami adonan sehingga ia tahu waktunya untuk mengganti resep. Tak hanya itu, untuk sekarang ini sendiri, inovasi menjadi tantangan bagi Homemade Pao Pao karena tentu semakin berkembangnya teknologi semakin gencar promosi para penjual yang serupa sehingga Celine selalu memikirkan inovasi kedepannya supaya dapat terus berkembang dan bersaing.

Celine juga berharap Homemade Pao Pao untuk saat ini agar tetap stabil dan kedepannya dapat membuka offline store dan memiliki tempat produksi sendiri. Selain itu, Celine juga berharap, bisnisnya terus berkembang hingga dapat membuka cabang. 

 

*Penulis: Fani Varensia

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading