Sukses

Food

5 Bahan Makanan Pengganti Santan untuk Masakan yang Lebih Sedap

Fimela.com, Jakarta Santan merupakan bahan makanan yang berasal dari buah kelapa. Lebih tepatnya yakni, daging buah kelapa yang telah diparut, kemudian ditambahkan sedikit air dan diperas lalu disaring. Santan biasanya ditambahkan ke dalam masakan untuk dapatkan cita rasa masakan yang lebih gurih dan sedap. Santan juga bersifat mengempukkan bahan makanan seperti daging, sayur, keripik pun aneka kue. 

Bagaimana jika masakan yang hendak kamu buat membutuhkan santan di dalamnya sementara kamu tak mau memakai santan? Ada beberapa bahan makanan lain yang rupanya bisa digunakan untuk menjadi pengganti santan. Aneka bahan makanan ini akan membuat setiap masakan yang kamu buat jadi lebih sedap dan gurih. Selain itu, bahan pengganti santan ini juga cukup rendah kolesterol. Apa saja bahan makanan tersebut? Simak yang berikut ini.

Susu Kedelai

Susu kedelai adalah bahan pertama yang bisa digunakan untuk pengganti santan. Ini bisa membuat cita rasa setiap masakan yang kita buat makin sedap, gurih dan beraroma khas kedelai. Ini juga cukup rendah lemak dan kolesterol jika dibandingkan santan kelapa. 

Susu Almond

Susu yang terbuat dari kacang almond juga bisa menjadi pengganti santan. Bahan makanan ini akan membuat setiap cita rasa masakan yang kamu buat makin sedap. Susu almond digadang-gadang lebih rendah kolesterol, rendah lemak dan sehat. Jika kamu ingin membuat masakan dengan cita rasa dan aroma kelapa, kamu bisa menambahkan perasa kelapa.

Kemiri

Kemiri adalah bahan makanan selanjutnya yang bisa bikin masakan makin kental, gurih dan sedap. Kemiri juga akan membuat warna masakan yang kamu buat makin cantik. Kemiri akan cocok untuk jadi pengganti santan masakan berkuah pedas. Untuk dapatkan cita rasa masakan sedap dari kemiri, usahakan untuk menyangrai kemiri hingga matang kemudian haluskan hingga menjadi krim atau bubuk. 

Susu Evaporasi

Susu evaporasi dikatakan sebagai pengganti santan terbaik untuk masakan berkrim atau berkuah kental. Bahan makanan ini juga dikatakan lebih rendah kolesterol, rendah lemak dan lebih sehat.

Yogurt

Yogurt rupanya juga bisa dimanfaatkan untuk pengganti santan. Ini akan membuat setiap masakan memiliki cita rasa yang lebih sedap dengan kekentalan yang mengesankan. Meski begitu, yogurt kurang cocok untuk masakan pedas. Ini cocok untuk masakan berupa puding atau hidangan kental lain pencuci mulut. 

Itulah sekian bahan makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti santan. Santan memang memberikan cita rasa gurih pada setiap masakan. Meski begitu, menambahkan santan secara berlebihan dan dengan bahan makanan tertentu tak boleh dilakukan sering-sering. Ini dikhawatirkan tak baik buat kolesterol tinggi. 

Banyak orang percaya jika masakan bersantan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Masakan bersantan yang dipanaskan berulang kali, juga tak baik buat kesehatan. Ini rentan mengandung lemak berlebih yang cukup berbahaya buat kesehatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading