Sukses

Food

5 Tips Sukses Membut Bolu Panggang agar Tidak Bantat

Fimela.com, Jakarta Kue bolu panggang cocok jadi teman ngeteh dan ngopi. Bisa juga jadi kudapan untuk dinikmati di sela-sela jadwal makan berat. Kue bolu panggang juga bisa dikreasikan jadi kue ulang tahun hingga kue untuk bekal anak.

Bagi yang masih ragu untuk membuat kue bolu panggang di rumah, ada sejumlah tips sukses membuat bolu panggang yang perlu dipahami lebih dahulu. Dengan memahami tips-tips ini kita bisa membuat kue bolu yang empuk, mengembang, dan tidak bantat. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Pastikan Semua Bahan Bersuhu Ruang

Telur yang baru dikeluarkan dari kulkas sebaiknya didiamkan dulu di suhu ruang. Mentega yang dilelehkan sebaiknya dibiarkan beberapa saat dulu di suhu ruang sampai agak hangat sebelum dicampur dengan bahan lainnya. Bahan-bahan yang terlalu dingin atau panas jangan langsung dicampur atau dipakai untuk membuat bolu. Tunggu sampai semua bahan berada di suhu ruang demi mendapatkan hasil kue yang tidak bantat.

 

 

2. Gunakan Alat dan Wadah yang Bersih dan Kering

Alat dan wadah yang akan digunakan untuk membuat kue sebaiknya sudah dalam keadaan bersih dan kering. Kalau masih lembap, sebaiknya diseka dengan lap bersih. Kalau wadah yang dipakai lembap, kue bolu bisa berpotensi jadi bantat saat dipanggang.

 

 

3. Adonan Kering dan Adonan Basah Dicampur di Wadah Terpisah

Bahan-bahan kering seperi tepung terigu, cokelat bubuk, tepung maizena, dan susu bubuk sebaiknya dicampur dulu di satu wadah yang sama. Sementara bahan basah atau cair seperti susu, santan, dan mentega/margarin cair dicampur di wadah yang lain lagi. Dengan begini, proses pencampuran bahan jadi lebih mudah. Ketika menggabungkan adonan kering dan adonan basah, tuang sedikit demi sedikit dan perlahan sampai tercampur rata. Usahakan tidak ada yang bergerindil.

 

 

4. Proses Pengocokan Adonan Jangan Terlalu Lama

Proses pencampuran atau pengocokan adonan saat menggunakan mixer jangan sampai terlalu lama. Kalau adonan terlalu banyak kemasukan udara karena proses pengocokan yang terlalu lama, nantinya adonan jadi gampang bantat saat dipanggang. Dalam proses pengocokan telur, gula, dan emulsifier, misalnya, gunakan mixer berkecepatan rendah lebih dahulu. Setelah tercampur rata, baru naikkan kecepatan dan kocok sebentar hingga adonan kokoh.

 

 

5. Panaskan Oven Lebih Dahulu

Sebelum memanggang adonan, pastikan oven sudah dipanaskan lebih dulu. Saat oven sudah panas, adonan baru bisa dipanggang hingga matang merata. Lakukan tes tusuk untuk mengetahui kematangan kue bolu. Ketika adonan ditusuk dengan tusuk sate atau tusuk gigi, tidak ada adonan yang menempel, maka bolu sudah matang sempurna.

Itu tadi lima tips sukses membuat bolu panggang paling dasar yang perlu dipahami. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading