Sukses

Food

4 Tips Membuat Asinan Buah yang Segar dan Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Suka dengan asinan buah yang segar? Yuk, coba bikin sendiri di rumah. Kita bisa membuat asinan buah yang tahan lama dengan cita rasa buah yang terjaga kesegarannya.

Berikut ini ada empat tips membuat asinan buah yang bisa diperhatikan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Pilih Buah-buahan yang Segar

Buah-buahan yang biasanya dipakai untuk membuat asinan seperti nanas, mentimun, bengkuang, dan mentimun sebaiknya pilih yang kondisinya masih bagus dan segar. Hindari menggunakan buah yang sudah terlalu lembek atau tidak bagus kondisinya. Kalau permukaan kulit buah sudah keriput, ada baiknya ganti dengan buah yang kondisi kulitnya masih tampak segar.

 

 

2. Air dan Gula Direbus Sampai Gula Larut

Siapkan air gula untuk asinan. Caranya dengan merebus air dan gula sampai gula larut. Untuk merebus 200 gram gula pasir, bisa pakai sekitar 400 ml air. Setelah selesai direbus, biarkan sampai suhunya agak hangat.

 

 

3. Haluskan Cabai dengan Garam

Cabai dan garam bisa dihaluskan. Kalau ingin rasanya lebih gurih bisa ditambah sedikit terasi bakar. Setelah bumbu halus, campur dengan air gula yang sudah direbus. Aduk rata.

 

 

4. Tambahkan Air Cuka

Setelah bumbu halus dicampur dengan air gula, tambahkan air cuka. Setelah semua tercampur rata, baru masukkan potongan buah untuk asinan. Kemudian, simpan di dalam wadah tertutup dan diamkan di dalam kulkas selama sekitar 3 jam. Setelah bumbu meresap, asinan buah siap dinikmati. Selama disimpan di kulkas dalam keadaan tertutup rapat, asinan buah bisa awet dan lebih tahan lama.

Itu tadi beberapa tips membuat asinan buah yang enak dan segar. Semoga tips-tipsnya bermanfaat, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading